Rabu, 17 Februari 2016

Cara Membedakan Murai Jantan dan Betina Dengan Langkah Mudah

Cara membedakan murai jantan dan betina ini penting untuk Anda ketahui ketika memilih untuk membudidayakan burung murai terutama murai batu. Untuk membedakan murai batu jantan dan betina untuk para penggemar burung mungkin akan sangat mudah untuk dibedakan. Jika seorang penggemar burung mungkin akan lebih mudah membedakan suara kicauan burung yang membuat membedakan antara jantan dan betina.

cara membedakan murai kalimantan jantan dan betina,cara membedakan murai jantan dan betina trotolan,cara membedakan murai jantan dan betina anakan,membedakan murai jantan dan betina masih trotol,

Baca juga: Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Dari Fisik dan Perilaku

Ketika Anda tertarik untuk membudidayakan burung murai batu memang perlu membedakan antara murai jantan dan betina. Agar ketika dipasangkan tidaklah salah. Oleh sebab itu pengetahuan tentang cara membedakan murai jantan dan betina sangatlah penting untuk diketahui. Jika Anda seorang penggemar burung yang masih pemula dan kesulitan dalam membedakan jantan dan betina, ada beberapa ciri fisik yang dapat dibandingkan. 

Cara membedakan murai jantan dan betina secara fisik memang perlu diketahui ketika Anda ingin mencoba membudidayakan. Jika Anda membedakan secara fisik, perbedaan murai batu jantan dan betina juga dapatlah terlihat. Namun memang disarankan untuk membedakannya diperlukan kejelian dalam mengamati perbedaannya. Karena kemiripan antara jantan dan betina memang cukup sulit dibedakan.

cara membedakan murai kalimantan jantan dan betina,cara membedakan murai jantan dan betina trotolan,cara membedakan murai jantan dan betina anakan,membedakan murai jantan dan betina masih trotol,

Beberapa Tips Mudah Cara Membedakan Murai Jantan dan Betina

Ketika Anda akan membeli murai batu untuk dikembangbiakkan atau juga ingin diikutsertakan di dalam lomba, mengetahui tentang jenis kelamin murai batu memang perlu diketahui. Cara membedakan murai jantan dan betina ketika ingin ikut lomba kicau dapat menggunakan murai batu jantan. Kenapa menggunakan murai batu jantan? Hal ini dikarenakan suara kicauan dari murai jantan cenderung lebih merdu dibandingkan betina.
Memang untuk penggemar murai batu pemula, cara membedakan murai jantan dan betina dengan membedakan suara kicauannya memang sedikit menyulitkan. Namun ada beberapa hal yang dapat Anda coba lakukan ketika ingin memilih murai batu jantan atau betina. Dari segi fisik memang akan lebih mudah membedakannya. Anda dapat membandingkan murai batu yang satu dan yang lainnya sebelum membeli. 

Cara membedakan murai jantan dan betina yang pertama adalah dengan membedakan bentuk tubuhnya. Untuk burung murai jantan memang ukuran bentuk tubuhnya cenderung lebih besar dibandingkan dengan murai batu betina. Perbedaan bulu murai jantan dan betina juga berbeda. Di mana bulu murai jantan lebih mengkilap dan juga pada bagian dada berwarna cokelat gelap. Berbeda dengan murai batu betina yang memiliki warna bulu yang lebih kusam dan tidak mengkilap.

cara membedakan murai kalimantan jantan dan betina,cara membedakan murai jantan dan betina trotolan,cara membedakan murai jantan dan betina anakan,membedakan murai jantan dan betina masih trotol,
Cara membedakan murai batu jantan dan betina juga dapat terdengar dari suara kicauannya. Cara membedakan murai jantan dan betina dengan menggunakan suara ini diperlukan kejelian dalam mendengarkannya. Karena untuk suara burung murai batu jantan cenderung lebih merdu dan nyaring. Bahkan kicauannya juga lebih bervariasi. Berbeda dengan murai batu betina yang lebih kecil dan cenderung monoton. 

Ketika Anda tengah memperhatikan dan mengamati perbedaan jenis kelamin antara murai jantan dan betina, mungkin Anda akan menemukan beberapa perbedaan yang cukup terlihat pada paruh burungnya. Cara membedakan murai jantan dan betina pada paruhnya sangatlah cocok untuk dilakukan oleh para pemula yang ingin membedakannya. Pada murai batu jantan, paruhnya akan lebih panjang dan lebih tebal dibandingkan pada murai betina. 

Cara membedakan murai jantan dan betina lainnya terletak pada usianya. Perbedaan murai batu betina dan jantan bakalan tentunya akan berbeda dengan usia dewasa murai batu. Pada usia bakalan memang akan sulit dibedakan. Memang untuk pemula penggemar murai batu akan sedikit kesulitan. Salah satu cara untuk membedakannya adalah dengan mendengarkan suara kicauannya. Di mana untuk murai jantan bakalan kicauannya memiliki jeda namun padat.

Berbeda dengan murai batu betina yang memiliki suara kicauan yang rapat tetapi tidaklah berisi. Belum lagi secara fisik, murai batu betina memiliki jari kaki yang lebih pendek dan memiliki sisik yang halus. Cara membedakan murai jantan dan betina pada usia bakalan ini memang cenderung lebih sulit diperhatikan karena ukuran murai bakalan yang kecil. 

Cara membedakan murai jantan dan betina di atas tentunya akan mudah dipraktekkan mengingat cara membedakannya hanya sebatas pengamatan secara fisik. Memang untuk para penggemar murai batu yang masih pemula akan lebih mudah mengamatinya dibandingkan dengan mendengarkan suara kicauannya. Karena untuk penggemar murai batu pemula masih cukup sulit membedakan suara antara jantan dan betina.