Rabu, 17 Februari 2016

Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina

Cara membedakan kelinci jantan dan betina dengan mudah - Bagi seorang peternak kelinci, tentu kita harus mengetahui mana kelinci berkelamin jantan dan mana kelinci berkelamin betina. Kemampuan untuk mengetahui perbedaan kelinci jantan dan betina memang begitu penting supaya perbandingan antara kelinci jantan dan betina ketika Anda memeliharanya dapat seimbang serta sesuai dengan cara pembudidayaan kelinci dengan benar tentunya. Terlebih lagi hal ini dipengaruhi oleh faktor harga jual yang membedakan keduanya, di mana kelinci betina dihargai dengan lebih mahal daripada kelinci jantan.

cara membedakan kelinci jantan dan betina saat masih kecil,cara membedakan kelinci jantan dan betina anakan,cara membedakan kelinci jantan dan betina yang masih kecil,

Baca juga: Cara Membedakan Murai Jantan dan Betina Dengan Langkah Mudah

Cara membedakan kelinci jantan dan betina merupakan pengetahuan yang begitu penting, tentunya tak hanya berguna bagi para peternak kelinci saja tetapi juga untuk pembeli. Biasanya tips membedakan kelinci jantan dan betina bisa diketahui bahkan ketika usia anakan kelinci berusia masih 2 mingguan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara meraba atau memeriksa bagian tonjolan di alat kelamin kelinci tersebut.

Kelinci jantan dan kelinci betina sebenarnya memiliki perbedaan dalam beberapa bagian di tubuhnya. Seperti sudah dijelaskan di atas, di mana pada bagian alat kelamin kelinci saja sudah jelas berbeda antara kelinci betina dan jantan. Namun tentunya kita harus mengetahui bagaimana cara yang paling tepat untuk mengenali kelinci jantan dan betina. Ada beberapa trik dan cara membedakan kelinci jantan dan betina agar Anda bisa mengenali mana jenis kelamin kelinci yang jantan dan betina.

cara membedakan kelinci jantan dan betina saat masih kecil,cara membedakan kelinci jantan dan betina anakan,cara membedakan kelinci jantan dan betina yang masih kecil,

Berikut Cara Membedakannya

1. Tonjolan di Alat Kelamin

Trik membedakan kelinci jantan dan betina yang pertama adalah terdapat pada alat kelamin kelinci tersebut. Alat kelamin kelinci letaknya begitu tersembunyi, dengan begitu Anda perlu memposisikan tubuh sang kelinci agar bisa melihat bagian alat kelaminnya dengan jelas. Adapun cara membedakan kelinci jantan dan betina lewat jenis kelaminnya ini, pada kelinci berkelamin jantan sendiri Anda bisa melihat alat kelamin berbentuk tabung berukuran kecil yang warnanya merah muda. Sementara kelinci betina terdapat garis vertikal dengan warna pink di alat kelaminnya.

Supaya cara membedakan kelinci jantan dan betina ini bisa dipraktekkan, Anda bisa membaringkan kelinci pada lengan kiri lalu buat si kelinci merasa lebih rileks. Dengan begitu kelinci ini tak akan memberontak ketika diobservasi bagian jenis kelaminnya. Dianjurkan posisi kepala pada kelinci diposisikan pada bagian telapak tangan, bisa pula diletakkan di siku tangan Anda.

2. Bentuk Kepala

Cara membedakan kelinci jantan dan betina berikutnya bisa dilihat dari bentuk kepala sang kelinci. Biasanya kepala kelinci berkelamin jantan memiliki bentuk sedikit bulat. Sementara kelinci berkelamin betina mempunyai bentuk kepala sedikit lonjong. Akan tetapi, agar cara membedakan kelinci jantan dan betina ini tepat dilakukan tentunya memerlukan pengalaman dan ketelitian saat melihatnya.

3. Ukuran Tubuh

Cara membedakan kelinci jantan dan betina bisa juga dilihat dengan ukuran tubuhnya tentunya di usia kelinci yang sama, dimana ukuran pada tubuh kelinci berkelamin betina umumnya lebih besar daripada kelinci berkelamin jantan. Adapun hal tersebut dikarenakan kandungan lemak di tubuh kelinci berkelamin betina berukuran lebih besar. Cara membedakan kelinci jantan dan betina tentunya begitu terlihat ketika kelinci ini sedang hamil.

4. Anus

Cara membedakan kelinci jantan dan betina berikutnya yaitu dengan memperhatikan bagian tubuh bawah pada kelinci yang terletak pada tarik ekor dan dua kakinya sedikit hingga Anda dapat melihat secara jelas adanya 2 lubang sekresi di dalamnya. Adapun lubang ini merupakan lubang anus beserta alat kelamin dari si kelinci ini. Biasanya lubang yang letaknya berada di dekat ekor yaitu lubang anus, sementara di yang berdekatan dengan area perut termasuk alat kelamin dari kelinci itu sendiri.

Cara membedakan kelinci jantan dan betina bisa dilakukan dengan teliti, yakni memperhatikan alat kelamin dengan jeli pada kelinci itu sendiri. Jika kelinci yang diamati memiliki testis yang mana mengapit bagian alat kelaminnya serta bentuknya layaknya pipa hal ini bisa disimpulkan di mana kelinci tersebut berkelamin jantan. Berbeda halnya pada kelinci betina, jika kita memperhatikan di arah samping biasanya memiliki bentuk segitiga serta bagian yang terletak dekat anus lebih pendek daripada bagian menuju perut. Itulah cara membedakan kelinci jantan dan betina.