Jumat, 19 Februari 2016

8 Cara Melihat Perbedaan Murai Jantan dan Betina yang Trotol

Cara Melihat Perbedaan Murai Jantan dan Betina yang Trotol - Para pencinta burung terutama burung murai wajib mengetahui perbedaan murai jantan dan betina. Pengetahuan mengenai perbedaan jenis kelamin ini sangatlah penting, terutama bagi Anda pencinta burung murai yang akan dilombakan. Biasanya para pemula sedikit kebingungan ketika memilih burung murai karena burung murai jantan dan burung murai betina akan terlihat sama secara sekilas. Pemula yang belum terlalu mengenal burung murai biasanya akan menganggap semua burung murai sama dan tidak bisa membedakan mana yang jantan dan betina. Dalam pembahasan kali ini akan diberikan perbedaan murai jantan dan betina yang sudah trotol.

perbedaan murai jantan dan betina dewasa,perbedaan murai jantan dan betina lampung,perbedaan murai nias jantan dan betina,perbedaan murai jantan dan betina muda trotol,

Baca juga: Perbedaan Ciblek Jantan dan Betina Beserta Jenisnya

Untuk mengetahui perbedaan murai jantan dan betina Anda bisa melihatnya dari ciri-ciri fisiknya. Murai batu trotol jantan dengan betina tentu saja mempunyai perbedaan yang bisa dikenali. 

Berikut Ini Perbedaan Murai Jantan dan Betina yang Sudah Trotol

1. Bentuk kepala

Melihat bentuk kepala adalah cara pertama untuk melihat bagaimana perbedaan murai jantan dan betina trotol. Kepala burung murai jantan yang sudah trotol bentuknya lebih besar dibandingkan dengan burung murai betina. Anda harus mengamatinya dengan seksama agar terlihat perbedaan besar kepala antara burung murai jantan dan burung murai betina.

2. Bentuk badan

Perbedaan murai jantan dan betina juga bisa dilihat dari bentuk badannya. Bentuk badan antara murai jantan dan betina akan sangat jelas berbeda ketika burung murai sudah memasuki umur 10 bulan ke atas. Murai jantan mempunyai bentuk badan yang lebih besar dan mencolok, sedangkan murai betina badannya lebih kecil dan ramping. Anda bisa langsung mengenali burung murai jantan dan betina dari bentuk badannya ini.

3. Warna bulu

Warna bulu juga menjadi salah satu indikator perbedaan murai jantan dan betina, terutama warna bulu pada bagian dadanya. Bulu badan burung murai jantan mempunyai warna yang hitam mengkilap sedangkan burung murai betina lebih kusam. Anda bisa memperhatikan warna bulu dada murai jantan dan betina. Jika murai berjenis kelamin jantan maka bulu dadanya berwarna cokelat gelap, sedangkan jika berjenis kelamin betina maka bulu dadanya berwarna cokelat muda.

perbedaan murai jantan dan betina dewasa,perbedaan murai jantan dan betina lampung,perbedaan murai nias jantan dan betina,perbedaan murai jantan dan betina muda trotol,

4. Bentuk ekor

Perbedaan murai jantan dan betina bisa dilihat juga dari bentuk ekornya. Perhatikanlah bentuk ekor burung murai, jika bentuk ekornya panjang dan mencolok maka burung tersebut adalah murai jantan. Sedangkan jika ekornya pendek bisa dipastikan itu adalah burung murai betina. Ekor burung murai jantan juga lebih tebal dan berlapis. Burung murai betina ekornya kecil dan tidak berlapis seperti burung murai jantan.

5. Bentuk paruh

Cara membedakan murai jantan dan betina juga bisa dilihat dari bentuk paruhnya. Paruh burung murai jantan bentuknya lebih panjang dan tebal. Sedangkan murai betina mempunyai paruh yang bengkok dan pendek. Paruh burung murai betina juga lebih pendek dibandingkan burung murai jantan.

6. Bentuk kaki

Bentuk kaki juga bisa menjadi salah satu penanda perbedaan murai jantan dan betina. Burung murai jantan mempunyai kaki yang lebih kokoh dibandingkan dengan burung murai betina. Bentuk kaki burung murai jantan juga lebih tebal dan kuat.

perbedaan murai jantan dan betina dewasa,perbedaan murai jantan dan betina lampung,perbedaan murai nias jantan dan betina,perbedaan murai jantan dan betina muda trotol,

7. Pubis

Meraba pubis atau supit udang adalah cara paling mudah melihat perbedaan murai jantan dan betina. Pubis burung murai jantan jika diraba akan terasa lebih kaku dan tertutup, sedangkan burung murai betina pubisnya lebih lunak dan terbuka.

8. Kicauan

Melihat perbedaan murai jantan dan betina dari kicauannya bisa dilakukan jika burung murai sudah mulai berkicau atau gacor. Kicauan burung murai jantan akan terdengar lebih bervariasi dan lebih merdu. Sedangkan burung murai betina suara kicauannya kecil dan monoton. Melihat perbedaan dari kicauan ini memang sedikit sulit jika tidak dilakukan oleh ahlinya.

Sudah cukup jelas bukan, apa saja perbedaan murai jantan dan betina? Jangan sampai Anda salah ketika memilih burung murai. Untuk lomba kicauan sangat disarankan untuk memilih burung murai jantan. Hal ini dikarenakan burung murai jantan mempunyai kicauan yang lebih bagus dibandingkan dengan murai betina. Pengetahuan mengenai perbedaan murai jantan dan betina ini memang sangatlah penting, jangan sampai Anda salah pilih burung murai untuk lomba kicauan.