Kamis, 25 Februari 2016

Persamaan dan Perbedaan RAM dan ROM di Komputer dan Android

Persamaan dan Perbedaan RAM dan ROM di Komputer dan Android - Para pengguna komputer dan gadget canggih seperti android tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah RAM dan ROM. Jika Anda membaca spesifikasi dari sebuah gadget ataupun komputer pasti akan tertera kapasitas RAM dan ROM yang tersemat di dalamnya. Tahukah Anda perbedaan RAM dan ROM ini? Banyak orang yang beranggapan bahwa RAM dan ROM sama saja dan tidak mempunyai perbedaan. Persepsi ini merupakan persepsi yang salah karena RAM dan ROM mempunyai perbedaan yang sangat mendasar dalam hal penyimpanannya. Perbedaan RAM dan ROM ini sudah sangat terlihat dari fungsi dan singkatannya.

pengertian-ram-dan-rom,-perbedaan-cd-r-dan-cd-rw,-perbedaan-cold-boot-dan-warm-boot,-perbedaan-ram-dan-rom-berikan-contohnya,-perbedaan-ram-dan-rom-di-android,-persamaan-ram-dan-rom,-

5 Cara Membedakan Samsung Asli dan Palsu Dengan Mudah


Sebelum membahas mengenai apa saja perbedaan RAM dan ROM, Anda harus mengetahui apa itu pengertian dan singkatan dari RAM dan ROM ini. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memori sedangkan ROM merupakan singkatan dari Read Only Memori. Fungsi RAM dan ROM pada hakikatnya sama yaitu digunakan sebagai memori atau tempat penyimpanan. Dilihat dari arti atau singkatan antara ROM dan RAM sudah terlihat bahwa perbedaan RAM dan ROM ada pada sistem yang digunakannya. RAM mempunyai fungsi penyimpanan sementara sedangkan ROM digunakan sebagai tempat penyimpanan program di android ataupun komputer.

RAM dan ROM termasuk komponen yang paling penting dan harus ada di komputer atau laptop dan gadget canggih seperti android. Tanpa RAM dan ROM sistem pada komputer dan gadget tidak akan pernah bisa dijalankan. Karena RAM dan ROM merupakan media penyimpanan data pada komputer. Tanpa ROM dan RAM Anda tidak akan pernah bisa menyimpan data secara sementara maupun secara permanen di dalam ruang penyimpanan yang tersedia. Pada intinya perbedaan RAM dan ROM adalah dalam hal penyimpanan datanya, RAM hanya menyimpan data sementara sedangkan ROM menyimpan data dalam jangka waktu yang panjang. Perbedaan RAM dan ROM di android juga sama dengan perbedaan antara RAM dan ROM yang ada di komputer.

Untuk Lebih Jelasnya Apa Saja Perbedaan RAM dan ROM di Komputer di Android

1. Pengisian dan Penulisan data

Perbedaan RAM dan ROM yang pertama adalah dalam hal pengisian dan penulisan data. Pengisian data pada RAM bisa dilakukan sewaktu-waktu, hal ini dikarenakan fungsi utama RAM adalah menyimpan data sementara. Sedangkan pada ROM, diperlukan waktu ketika akan mengisikan data ke dalamnya. Proses penyimpanan data pada ROM juga lebih rumit dibandingkan proses penyimpanan data di RAM. RAM biasanya digunakan untuk menyimpan data yang sifatnya sementara dan akan dihapus setelah komputer atau gadget mati. Sedangkan ROM digunakan sebagai alat penyimpanan perangkat lunak yang mempunyai hubungan dengan berbagai perangkat keras.

2. Penggunaan Daya

Perbedaan RAM dan ROM juga ada pada penggunaan daya. Yang dimaksud penggunaan daya di sini adalah penggunaan daya sewaktu menyimpan data. Ketika kita menyimpan data di ROM maka kita tidak membutuhkan daya. Berbeda jika kita menyimpan data di Ram maka dibutuhkan daya. Hal ini menyebabkan data yang disimpan pada ROM tidak akan hilang walaupun komputer atau gadget mati. Sedangkan data yang ada di RAM akan segera hilang setelah komputer mati. Perbedaan RAM dan ROM ini berlaku untuk RAM dan ROM yang ada di komputer dan gadget.

3. Sifat penyimpanan

Perbedaan RAM dan ROM yang lainnya yaitu dalam hal sifat penyimpanan. Sifat penyimpanan pada ROM adalah permanen, artinya jika komputer mati mendadak data tidak akan hilang sekalipun komputer rusak. Sedangkan sifat penyimpanan pada RAM adalah tidak permanen atau sementara. Jadi jika komputer mati maka datanya akan hilang. Perbedaan RAM dan ROM ini merupakan perbedaan yang mendasar.

Cukup jelas bukan sekarang apa saja perbedaan RAM dan ROM yang ada dalam gadget ataupun komputer Anda? Walaupun berbeda fungsi dan beberapa hal lainnya, antara RAM dan ROM tetap mempunyai persamaan. Persamaan RAM dan ROM adalah keduanya merupakan perangkat yang sama-sama sangat penting dan harus ada dalam komputer ataupun gadget android Anda. Tanpa RAM dan ROM Anda tidak akan bisa menggunakan komputer dan gadget Anda dengan baik. Bahkan jika terjadi gangguan di RAM maka komputer dan gadget Anda tidak akan bisa menyala sama sekali.