Thursday, February 25, 2016

Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif Pada Metode Penelitian

Perbedaan kualitatif dan kuantitatif dalam metode penelitian - Bagi Anda yang mempelajari tentang metode penelitian, tentu sering mendengar kata kualitatif dan kuantitatif. Meskipun istilah ini sering kita dengar, namun tentunya tak sedikit dari kita yang masih belum memahami perbedaan antara kualitatif dan kuantitatif dalam sebuah metode penelitian. Adapun kedua jenis metode penelitian ini sebenarnya mempunyai tujuan sama, di mana sama-sama dipakai untuk dapat mengumpulkan data. Kedua metode ini juga dimanfaatkan oleh para peneliti agar dapat mempertanggungjawabkan semua data penelitiannya.

pengertian kualitatif dan kuantitatif,perbedaan kualitatif dan kuantitatif menurut para ahli,perbedaan skripsi kualitatif dan kuantitatif,perbedaan data kualitatif dan kuantitatif,

Baca juga: Persamaan dan Perbedaan RAM dan ROM di Komputer dan Android

Penelitian biasanya dilakukan oleh sekelompok orang yang tengah meneliti atau mengamati peristiwa agar memperoleh suatu informasi. Untuk pengumpulan data dan informasi inilah data kualitatif dan kuantitatif diperlukan. Maka dari itu, bagi Anda yang sedang menjalankan penelitian sangat penting mengetahui perbedaan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif sendiri memiliki sifat ilmiah. Adapun perbedaan data kualitatif dan kuantitatif, bisa kita simpulkan dengan mengetahui pengertiannya terlebih dulu.

Pengertian Penelitian Kualitatif

Sebelum kita membahas perbedaan kualitatif dan kuantitatif, ada baiknya untuk mengetahui pengertian kedua metode penelitian ini. Penelitian kualitatif adalah sebuah metode penelitian dimana lebih memfokuskan terhadap pemahaman dari fenomena-fenomena yang sifatnya sosial berdasarkan perspektif atau pandangan dari partisipan yang mana lebih menitikberatkan terhadap gambaran lengkap dibandingkan merinci setiap variabel yang berhubungan satu sama lain. Perbedaan metode kualitatif dan kuantitatif sendiri bisa digambarkan pada cara perolehannya. Di mana metode kualitatif tak dapat diukur memakai prosedur statistik.

pengertian kualitatif dan kuantitatif,perbedaan kualitatif dan kuantitatif menurut para ahli,perbedaan skripsi kualitatif dan kuantitatif,perbedaan data kualitatif dan kuantitatif,

Pengertian Penelitian Kuantitatif

Perbedaan kualitatif dan kuantitatif selanjutnya bisa disimpulkan dari pengertian penelitian kuantitatif. Di mana penelitian kuantitatif merupakan metode penelitian dengan sifatnya yang deskriptif serta lebih banyak memanfaatkan analisis. Adapun penelitian kuantitatif ini bertujuan demi mencari kaitan yang menjelaskan tenang berbagai sebab pada fakta sosial, menunjukkan kaitan variabel dan menganalisanya. Hal inilah yang membuat perbedaan kualitatif dan kuantitatif pada penelitian, di mana penelitian kuantitatif dilakukan melalui pengumpulan data beserta hasil penelitian demi memperoleh informasi.

Perbedaan Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Berdasarkan pengertian di atas, kita bisa menyimpulkan perbedaan kualitatif dan kuantitatif pada penelitian seperti di bawah ini:

1. Dilihat Dari Jenis Data

Perbedaan kualitatif dan kuantitatif yang pertama adalah dilihat dari jenis datanya. Di mana jenis data pada metode penelitian kualitatif ini merupakan data kualitatif. Berbeda halnya pada metode kuantitatif yang jenis datanya berupa data kuantitatif. Adapun data kualitatif sendiri adalah data berdasarkan sudut pandang pada penekanan sifat, mutu objek dan ciri-cirinya. Sementara data kuantitatif sifatnya numerik, berbeda dengan data kualitatif yang non numerik berupa kata-kata yang deskriptif.

2. Dilihat Dari Tujuan

Perbedaan kualitatif dan kuantitatif berikutnya dilihat dari tujuannya. Dimana penelitian kualitatif memiliki tujuan demi melakukan penafsiran pada fenomena sosial. Adapun metodologi penelitian pada penelitian kualitatif ini berupa multi metodologi, jadi tak memiliki metodologi secara khusus. Berbeda dengan tujuan dari penelitian kuantitatif dengan menggunakan dan mengembangkan teori-teori, hipotesis, dan berbagai macam model matematis. Penelitian kuantitatif biasanya lebih banyak dipakai untuk menguji sebuah teori.

3. Dilihat Dari Objek Penelitian

Perbedaan kualitatif dan kuantitatif berikutnya dilihat dari objek penelitiannya. Di mana metode kualitatif sendiri objek penelitiannya lebih fokus terhadap satu jenis objek penelitian, sementara metode kuantitatif sendiri bisa fokus pada lebih dari 1 jenis objek penelitian.

4. Dilihat Dari Instrumen

Perbedaan kualitatif dan kuantitatif juga dapat dilihat dari instrumen penelitiannya. Di mana pada metode kuantitatif memakai kuesioner, angket maupun instrumen lainnya. Sementara pada penelitian kualitatif menggunakan instrumen dari peneliti tersebut itu sendiri, di mana peneliti itulah yang mesti terjun secara langsung pada penelitian supaya dapat merasakan dan melihat faktanya.

4. Dilihat Dari Prosesnya

Perbedaan kualitatif dan kuantitatif juga dapat dilihat berdasarkan prosesnya, dimana metode kuantitatif memakai proses secara deduktif dan induktif. Sementara metode kualitatif menggunakan proses induktif.
Secara orientasi penelitian sendiri, kita juga dapat membedakan antara kualitatif dan kuantitatif. Di mana penelitian kualitatif umumnya lebih berorientasi dalam proses penelitian, sementara penelitian kuantitatif biasanya lebih berorientasi terhadap hasil penelitian itu sendiri. Ya, demikianlah ulasan mengenai perbedaan kualitatif dan kuantitatif dengan tepat!