Jumat, 08 April 2016

Perbedaan Tumor dan Kanker Serta Persamaannya

Perbedaan Tumor dan Kanker Serta Persamaannya - Perbedaan tumor dan kanker sangat penting untuk diketahui. Di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat, itulah pepatah lama yang masih berlaku hingga saat ini. Sayang sekali, perubahan peradaban pun merubah pola hidup masyarakat menjadi begitu konsumtif dan serba instan. Manusia sekarang ini dituntut efektif dan efisien sehingga segalanya harus cepat. Bahkan makanan pun harus cepat. Tak heran jika makanan cepat saji (junk food) laris manis dan semakin merajalela yang ternyata makanan tersebut menimbulkan penyakit seperti kanker dan tumor.


perbedaan tumor dan kanker payudara,faktor penyebab tumor dan kanker,perbedaan tumor jinak dan ganas,perbedaan tumor dan kanker pdf,pengertian tumor dan kanker,

Baca juga: Jenis dan Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral di Indonesia

Bahaya junk food atau makanan cepat saji sudah bukan isapan jempol. Banyak data penelitian yang membeberkan bahaya mengonsumsi makanan cepat saji berlebihan dan dalam jangka waktu lama. Kebanyakan mengonsumsi junk food akan menimbulkan obesitas (kegemukan) dan berawal dari ini akan membuat badan Anda dipenuhi penyakit, seperti jantung, stroke, kanker dan tumor. Tumor dan kanker adalah dua hal yang berbeda, namun banyak orang salah memahami sehingga penting untuk mengetahui perbedaan tumor dan kanker.

Terlebih dahulu, kita akan membahas definisi sebelum membahas perbedaan nya. Memahami pengertian masing-masing pengertian kedua penyakit tersebut akan membuat Anda lebih mudah memahami perbedaan tumor dan kanker. Apa itu tumor dan kanker, marilah simak artikel ini. Tumor merupakan pembengkakan yang disebabkan oleh inflamasi atau peradangan serta pertumbuhan jaringan tak normal (abnormal) dalam tubuh. Tumor ini ada beberapa jenisnya, berdasarkan pertumbuhannya. Ada tumor ganas (malignant tumor dan tumor jinak (benign tumor). Inilah tumor yang sebenarnya berbeda dengan kanker.

Lalu, apa perbedaan tumor dan kanker dan apa arti kanker itu sendiri. Simak dengan tekun dan teliti. Kanker sebetulnya merupakan kumpulan dari sekelompok penyakit yang mana ditandai dengan pembelahan sel tak terkendali dan sel-sel tersebut dapat menyerang jaringan biologis lain, baik secara pertumbuhan langsung pada jaringan yang bersebelahan (invasi) atau migrasi sel ke tempat lain yang jauh (metastasis). Terdiri dari banyak macam atau di sebut berbagai jenis kanker, seperti kanker otak, kanker payudara, kanker rahim, kanker mulut, dan lain-lain.

Ada yang salah kaprah terhadap persepsi perbedaan antara tumor srta kanker dari masyarakat kita adalah pemahaman mereka masih dangkal dan dengan mudahnya menyamakan sesuatu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tumor dibedakan menjadi dua yaitu jinak dan ganas. Nah, jenis ganas inilah yang sering dianggap sebagai kanker, padahal berbeda, hanya saja bersifat kanker. Berbicara mengenai perbedaan tumor ganas dan jinak ini sudah cukup jelas bukan? Tumor jinak ini kecil kemungkinannya dapat menjadi ganas.

Meskipun begitu, ada juga tumor jinak yang dibiarkan bertahun-tahun dapat berubah menjadi ganas seperti Fam (Fibroadenom manna), yaitu tumor jinak payudara yang dibiarkan tahunan dapat berubah menjadi ganas, hal tersebut dikenal sebagai progress. Walau demikian persentasenya hanya 0.5%-1%. Sampai sini Anda sudah sedikit paham perbedaan tumor dan kanker? Sekali lagi, definisinya saja sudah berbeda.

Perbedaan tumor dan kanker juga dapat dilihat dari penyebab kemunculnya tumor dan kanker itu sendiri. Tumor disebabkan oleh mutasi DNA dalam sel dan akumulasi dari mutasi tersebut yang menyebabkan tumor. Sel dalam tubuh sebetulnya dapat melakukan perbaikan DNA dan mekanisme lainnya sehingga menyebabkan sel merusak diri apabila kerusakan DNA sudah terlanjur berat. Jika sudah demikian, maka apoptosis terjadi yaitu ketika kematian sel ditandai dengan adanya pembelahan DNA kromosom, kondensasi kromatin, dan fragmentasi nukleus serta sel tersebut. Mutasi ini akan menekan gen dan memicu timbulnya kanker. 

Penjelasan awal ini setidaknya memudahkan Anda memahami perbedaan tumor dan kanker. Lalu, apa yang disebut dengan kanker. Kanker, seperti yang sudah dijelaskan tadi adalah istilah untuk sekelompok penyakit. Kanker ditandai oleh tak terkendalinya kemampuan sel untuk menyerang jaringan biologis lain. Pertumbuhan tak terkendali tersebut dapat menyebabkan kerusakan DNA bahkan mutasi gen vital. Memang sangat mengerikan penyakit yang satu ini.

perbedaan tumor dan kanker payudara,faktor penyebab tumor dan kanker,perbedaan tumor jinak dan ganas,perbedaan tumor dan kanker pdf,pengertian tumor dan kanker,

Pada dasarnya perbedaan tumor dan kanker dapat dilihat dari munculnya gejala, tumor cenderung akan dimulai dari munculnya benjolan sedangkan perbedaan tumor dengan kanker tidak bisa dilihat semata-mata dari itu. Kanker tidak selalu ditunjukkan gejalanya dengan benjolan. Perbedaan tumor dan kanker, lain halnya dengan tumor jinak yang bisa menjadi ganas. Ciri utama tumor jinak adalah apabila telah dilakukan operasi, tumor jinak tidak akan muncul kembali. Jika muncul lagi berarti tumor ganas.

Setelah mengetahui dan memahami perbedaan tumor dan kanker, patut Anda ketahui untuk antisipasi bahwa kanker merupakan pembunuh nomor satu di banyak Negara berkembang, seperti Indonesia. Oleh sebab itu, jagalah kesehatan dengan olahraga, konsumsi makanan sehat. Sebenarnya kanker dapat disembuhkan apabila dapat dideteksi dini dan dilakukan perawatan sejak dini. Apalagi merokok, jelas-jelas dapat menyebabkan kanker. Kalau bukan Anda yang menjaga kesehatan, siapa lagi? Maka dari itu, mulai dari diri sendiri untuk jaga kesehatan. Demikian ulasan mengenai perbedaan tumor dan kanker, semoga bermanfaat.