Wednesday, April 13, 2016

Perbedaan Paragraf Deduktif dan Induktif Berdasarkan Pengertian, Ciri dan Contohnya

Perbedaan Paragraf Deduktif dan Induktif Berdasarkan Pengertian - Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya untuk kelas XI, akan dipelajari mengenai berbagai jenis paragraf. Ada paragraf deduktif dan ada paragraf induktif, kedua jenis paragraf tersebut tidaklah sama. Bagi siswa yang baru mendengar istilah ini, tentu sangat kesulitan untuk mengetahui perbedaan paragraf deduktif dan induktif. Padahal setiap kali ada ujian, pertanyaan untuk membedakan kedua jenis paragraf tersebut hampir selalu muncul. Pertanyaan yang sering muncul biasanya seperti ini “jelaskan perbedaan paragraf deduktif dan paragraf induktif?”. Oleh karena itu, jika tidak mengetahui perbedaan paragraf deduktif dan induktif tentu kesulitan menjawab soal. 

perbedaan paragraf deduktif dan induktif beserta contoh,jelaskan perbedaan paragraf deduktif dan induktif,contoh paragraf deduktif dan induktif,perbedaan paragraf deduktif dan induktif,

Baca juga: Cara Mengetahui Perbedaan Penduduk dan Bukan Penduduk

Perbedaan Paragraf Deduktif Dan Induktif Berdasarkan Pengertiannya

Perbedaan paragraf deduktif dan induktif bisa ditinjau berdasarkan perbedaan pengertian dari keduanya. Paragraf deduktif pengertiannya adalah susunan kata yang menggunakan pola umum ke khusus untuk menjabarkan isi dari paragrafnya. Sedangkan paragraf induktif adalah rangkaian kata yang mengembangkan pola dari beberapa peristiwa khusus kemudian ditarik sebuah kesimpulan umum. Berdasarkan pengertian tersebut, maka perbedaan paragraf deduktif dan induktif terlihat pada pola yang digunakan untuk mengembangkan paragrafnya. Pada paragraf deduktif gagasan utama terletak di awal paragraf, sedangkan pada paragraf induktif gagasan utama terletak di akhir paragraf.

Perbedaan Paragraf Deduktif Dan Induktif Berdasarkan Cirinya

Berdasarkan pengertian di atas, maka perbedaan paragraf deduktif dan induktif selanjutnya bisa dilihat berdasarkan beberapa ciri yang melekat pada tiap jenis paragrafnya. Perbedaan paragraf deduktif dan induktif berdasarkan ciri pada paragraf deduktif yaitu sebagai berikut:
- Inti gagasannya terletak di kalimat awal pembuka paragraf.
- Kalimat awal sudah mencakup dari keseluruhan isi paragraf.
- Kalimat kedua dan seterusnya hanya sebagai penjelas dari kalimat pertama.
- Pola kalimatnya adalah umum ke khusus.
Perbedaan paragraf deduktif dan induktif selanjutnya bisa dilihat berdasarkan ciri-ciri dari paragraf induktif. Ciri paragraf induktif sebagai berikut:
- Diawali dengan menyebutkan beberapa hal yang bersifat khusus.
- Kalimat terakhir biasa disebut sebagai kesimpulan karena menyimpulkan dari berbagai penjelasan di atasnya.
- Inti paragrafnya berada di akhir dari sebuah paragraf.
- Pola kalimatnya khusus ke umum.

Perbedaan Paragraf Deduktif Dan Induktif Berdasarkan Contohnya

Jika memahami perbedaan paragraf deduktif dan induktif berdasarkan pengertian dan contohnya cukup susah, maka memahami berdasarkan contohnya akan lebih mudah diterima. Contoh paragraf deduktif dan induktif sebagai berikut.

1. Contoh paragraf deduktif untuk memperjelas perbedaan paragraf deduktif dan induktif

Keberhasilan dunia teknologi internet berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. Teknologi saat ini tidak hanya untuk mempermudah setiap aktivitas manusia, tetapi secara langsung juga berdampak bagi perekonomian. Sekarang mau belanja bisa lewat toko online, mau pesan tiket juga bisa secara online, dan mau naik ojek bahkan juga bisa dengan online.

2. Contoh paragraf induktif untuk memperjelas perbedaan paragraf deduktif dan induktif

Jangan makan saat hendak tidur, begitulah orang tua dulu menasihati kita. Nampaknya nasihat orang tua dulu memang ada benarnya. Jangan pula banyak ngemil saat sedang sendirian, dan jangan makan dengan berlebihan, serta berhentilah makan sebelum kenyang. Itulah tips agar tidak mengalami kegemukan. 

Pada kedua contoh diatas, bagian yang dicetak tebal adalah inti paragrafnya. Dari contoh tersebut, perbedaan paragraf deduktif dan induktif sangat jelas terlihat. Yang dimaksud dengan inti paragraf adalah gagasan utama yang masih dapat dijabarkan lagi secara lebih rinci. Contoh diatas sangat sesuai dengan pengertian dan ciri dari masing-masing jenis paragraf, baik yang berupa paragraf deduktif maupun paragraf induktif. Sebenarnya ada satu lagi jenis paragraf selain paragraf deduktif dan paragraf induktif, yaitu paragraf deduktif-induktif yang merupakan gabungan dari keduanya.

Pada paragraf deduktif-induktif, pola paragrafnya campuran dimana inti paragraf terletak di awal dan akhir kalimat. Setelah membaca mengenai perbedaan paragraf deduktif dan induktif berdasarkan pengertian, ciri, serta contohnya, masih kah Anda bingung untuk membedakannya? Tentunya sudah tidak ya. Untuk lebih memperdalam pengetahuan Anda, cobalah setiap menemukan suatu paragraf, Anda analisa jenisnya. Semakin banyak Anda latihan, semakin cepat Anda paham dengan perbedaannya.