Wednesday, April 13, 2016

Cara Mengetahui Perbedaan p m dan a m

Cara Mengetahui Perbedaan p m dan a m - Perbedaan p m dan a m. Waktu dalam sehari semalam dimanapun tempatnya semuanya sama, yakni 24 jam, tapi format penulisan waktu terdapat perbedaan. Ada yang menggunakan format waktu dalam 24 jam, tapi ada pula yang menggunakan dalam 12 jam. Format waktu 24 jam adalah format yang biasa dipakai di negara kita, sedangkan format 12 jam biasa dipakai di Negara-negara barat. Pada format waktu 12 jam, pembagian waktunya menggunakan sistem am dan pm. Bagi orang-orang yang tidak pernah menggunakan format 12 jam, tentu bingung dengan perbedaan p m dan a m.
batas waktu am dan pm,perbedaan pm sama am,bedanya am pm,pembagian waktu am pm,am dan pm menunjukan waktu,pm adalah singkatan dari,arti am dalam pengakuan iman rasuli,
Baca juga: Perbedaan Paragraf Deduktif dan Induktif Berdasarkan Pengertian, Ciri dan Contohnya
Cara untuk mengetahui perbedaan p m dan a m bisa ditinjau dari pengertian keduanya. Am adalah singkatan dari Ante Meridiem atau dalam bahasa Indonesia memiliki makna sebelum tengah hari, sedangkan pm adalah singkatan dari post meridiem yang artinya adalah setelah tengah hari. Tengah hari yang digunakan untuk menentukan perbedaan p m dan a m maksudnya adalah jam 12 siang. Jam 12 siang digunakan sebagai pembatas antara waktu pm dan am karena jam 12 siang adalah jam pertengahan dari waktu 24 jam dalam satu hari.

Adanya pembagian waktu pm dan am ini memudahkan orang untuk menentukan waktu dengan lebih mudah, apalagi jika menggunakan jam analog. Pada jam analog angka yang tertera di dalamnya hanya dari angka 1 sampai angka 12, dan tidak ada jam analog yang menggunakan angka 1 sampai 24. Oleh karena itu, dengan adanya perbedaan p m dan a m sangat penting untuk menentukan waktu dengan tepat sesuai angka yang tertera pada jam analog. Perbedaan p m dan a m sangat penting untuk diketahui sebab jika salah menyebutkan bisa cukup fatal.

Contoh betapa pentingnya mengetahui perbedaan p m dan a m sebagai berikut. Misalnya Anda booking tiket pesawat, setelah itu Anda diberitahu bahwa keberangkatan pesawat tanggal 5 April 2016 jam 7 am. Selanjutnya pada tanggal 5 April Anda datang pada pukul 19.00 pada format waktu 24 jam. Kira-kira apa yang terjadi? Pasti Anda ketinggalan pesawat bukan? Padahal pada jam analog yang ada di rumah Anda am dan pm menunjukkan waktu yang sama, yaitu angka 7. Nah, agar kejadian tersebut tidak menimpa Anda, Anda harus tahu perbedaan p m dan a m.

Mengetahui perbedaan p m dan a m merupakan hal yang wajib untuk dikuasai, terutama jika Anda sering melakukan perjalanan ke luar negeri. Waktu am dalam format waktu 24 jam, dimulai dari pukul 00.00 sampai dengan pukul 11.59. Sedangkan untuk waktu pm jika dalam format waktu 24 jam dimulai dari pukul 12.00 sampai dengan pukul 23.59. Berdasarkan perbedaan p m dan a m tersebut, maka Anda tidak boleh menyebut jam 1 siang dengan sebutan jam 1 am atau menyebut jam 1 dini hari dengan sebutan jam 1 pm.

Berdasarkan penjelasan mengenai perbedaan p m dan a m tersebut, masihkah Anda bertanya-tanya kenapa jam 1 siang disebutnya jam 1 pm bukan jam 1 am? Jika Anda masih bingung, sebenarnya jawabannya sudah cukup jelas, yaitu karena jam 1 siang telah melewati tengah hari. Oleh karena itu, jam 1 siang disebutnya sebagai jam 1 pm (post meridiem), begitu pula sebaliknya. Jam tersebut tidak hanya berlaku untuk jam 1 saja, tapi untuk keseluruhan waktu. Ketika jam menunjukkan angka yang melewati jam 12 siang tapi sebelum jam 12 malam disebutnya dengan pm.

Berikut Adalah Contoh Penerapan Perbedaan P Mdan A M Jika Dibandingkan Dengan Format Waktu 24 Jam

1. Jam 01.00 disebut jam 01.00 am
2. Jam 11.50 disebut jam 11.50 am
3. Jam 12.30 disebut jam 12.30 pm
4. Jam 19.20 disebut jam 19.20 pm
Itulah tadi cara mengetahui perbedaan p m dan a m dalam format waktu 12 jam. Semoga penjelasan ini bisa membantu Anda dalam memahami cara membedakan penggunaan pm dan am dalam kehidupan sehari-hari.