Jumat, 22 April 2016

Perbedaan Bitmap dan Vektor Dalam Desain Grafis

Perbedaan Bitmap dan Vektor Dalam Desain Grafis - Perbedaan bitmap dan vektor adalah yang penting untuk diketahui oleh siswa SMA yang masih mengampu pelajaran TIK. Selain itu, bagi Anda yang mempunyai pekerjaan di dalam dunia desain grafis pun sangat penting untuk mengetahui kedua perbedaan dan persamaannya. Bekerja dalam desain grafis memang mewajibkan pekerjanya untuk mengerti tentang format gambar. Dimana Anda bisa memilih kualitas gambar dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan permintaan dari pelanggan. Di dalam dunia grafis, perbedaan bitmap dan vektor ini sangat signifikan, sehingga perbedaan kualitas gambarnya akan sangat jelas sekali.

perbedaan bitmap dan vektor pada coreldraw,kelebihan dan kekurangan bitmap dan vektor,perbedaan bitmap dan vektor beserta contohnya,tabel perbedaan bitmap dan vektor,

Baca juga: Perbedaan Cek dan Giro Dalam Transaksi Keuangan

Selanjutnya tujuan untuk mengetahui perbedaan bitmap dan vektor ini adalah agar Anda bisa mencetak gambar dengan kualitas yang bagus dengan hasil sempurna. Ini artinya tidak cacat seperti blur atau bahkan rusak. Jika Anda belum mengetahui perbedaan bitmap dan vektor, maka bacalah informasi di bawah ini. Setelah itu, Anda bisa memilih gambar menggunakan format bitmap atau vektor sesuai kebutuhan. Apalagi jika Anda suka menggambar atau desain grafis menggunakan Coreldraw maka jika diamati perbedaan bitmap dan vektor pada Coreldraw sangat jelas sekali dari segi garis ataupun warnanya.

Pengertian Dari Bitmap dan Vektor

Dilihat dari pengertian bitmap dan vektor memang format kualitasnya berbeda. Pengertian bitmap adalah merupakan gambar raster atau tampilan gambar terdiri dari piksel atau titik-titik. Masing-masing titik ini memiliki lokasi dan ciri khas warnanya dan secara keseluruhan akan membentuk sebuah tampilan gambar ketika gambar diperbesar. Sedangkan pengertian dari gambar vektor, yakni gambar yang terbentuk bukan dari sekumpulan piksel atau titik-titik, melainkan gambar yang terbentuk dari sejumlah kurva dan garis. Inilah perbedaan bitmap dan vektor secara rinci.

Kelebihan Grafis Bitmap dan Vektor

Setiap format gambar seperti bitmap dan vektor memiliki kelebihan masing-masing yang tidak dimiliki satu dengan lainnya. Mengenai kelebihan bitmap terdiri dari beberapa hal, antara lain sifat resolusinya dipengaruhi dengan resolusi, kapasitas filenya lebih besar dari kapasitas file vektor dan tipenya bergantung kepada resolusi warna gambar dan foto. Sedangkan kelebihan dari gambar vektor antara lain, sifatnya resolution independent, dalam menyimpan file vektor memerlukan ruang penyimpanan yang kecil. Itulah perbedaan bitmap dan vektor dilihat dari kelebihan bitmap dan vektor.

Kelemahan Bitmap dan Vektor

Sebenarnya aplikasi desain grafis sudah dilengkapi dengan format bitmap dan vektor. Namun untuk menemukan perbedaan bitmap dan vektor, Anda harus melakukan pengamatan terhadap kualitas gambarnya. Selain itu, format bitmap dan vektor mempunyai kelemahan sendiri-sendiri. Kelemahan bitmap antara lain objek gambar mengalami masalah jika ukurannya diubah, apalagi gambar diperbesar maka akan pecah dan ruang penyimpanannya terlalu besar. Sedangkan kekurangan vektor yakni tidak bisa menghasilkan objek gambar vektor yang prima saat melakukan konversi gambar dari bitmap. Sudah jelas bukan, mengenai kelemahan perbedaan bitmap dan vektor?

perbedaan bitmap dan vektor pada coreldraw,kelebihan dan kekurangan bitmap dan vektor,perbedaan bitmap dan vektor beserta contohnya,tabel perbedaan bitmap dan vektor,

Perbedaan bitmap dan vektor lainnya pun bisa dilihat di aplikasi pengolahan gambarnya. Pada bitmap aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk memanipulasi foto. Berikut aplikasi program dalam bitmap antara lain corel Photo paint, adobe photoshop, macromedia xres, QFX, Microsoft Photo editor, pixelmator dan lainnya. Sedangkan pada grafis vektor, programnya dapat digunakan dalam membuat gambar garis sehingga sering digunakan sebagai ilustrator. Berikut ini aplikasi vektor, coreldraw, beneba canvas, adobe illustrator dan lainnya. Itulah perbedaan bitmap dan vektor dilihat dari pengolahan programnya.

Perbedaan bitmap dan vektor memang akan terlihat jelas jika kita mengamatinya sendiri dengan perbedaan gambar dan kualitas dari bitmap ataupun vektor. Berbeda dengan grafis bitmap, desain grafis vektor lebih menggunakan objek geometris atau dengan perhitungan matematika. Oleh karena itu meskipun di perbesar, diperkecil atau dipertajam maka gambarnya tetap normal tidak blur dan lainnya. Nah dengan begitu, sebaiknya sebelum menggambar sesuatu, tentukan dahulu kualitas, warna dan formatnya agar hasilnya pun maksimal. Demikian perbedaan bitmap dan vektor, semoga informasi ini bermanfaat.