Rabu, 20 April 2016

Perbedaan Biaya dan Beban Beserta Contoh Serta Penjelasan Lengkap

Perbedaan Biaya dan Beban Beserta Contoh - Istilah biaya dan beban sering kita dengar bahkan kita jumpai dalam hal akuntansi. Biaya dan beban merupakan dua istilah yang berbeda baik dari segi pengertian maupun dalam laporan keuangan. Perbedaan biaya dan beban ini akan dijelaskan secara detail dalam pembahasan kali ini. Ada dua perbedaan antara biaya dan beban yang paling mendasar, yaitu dalam pengertian dan penempatan pada laporan keuangannya. Untuk Anda yang sedang belajar menjadi seorang akuntan profesional haruslah mengetahui perbedaan biaya dan beban agar tidak salah dalam menempatkannya dalam lajur laporan keuangan.


perbedaan biaya dan beban menurut psak,perbedaan biaya dan beban dalam akuntansi,perbedaan biaya dan beban menurut para ahli,pengertian biaya dan beban,perbedaan biaya dan beban serta contohnya,

Baca juga: Perbedaan Bitmap dan Vektor Dalam Desain Grafis

Perbedaan Biaya dan Beban Dalam Hal Pengertian

Pengertian biaya dan beban menjadi salah satu indikator perbedaan biaya dan beban yang paling jelas. Biaya mempunyai pengertian sebagai pengorbanan untuk mendapatkan aktiva. Pengorbanan yang dilakukan disini menggunakan uang sebagai sumber ekonomi, sedangkan aktiva adalah semua harta atau kekayaan. Aktiva bisa berupa persediaan barang, gedung, kendaraan dan berbagai hal lainnya. Perbedaan biaya dan beban dari segi pengertian beban yaitu beban diartikan sebagai penurunan manfaat atas aktiva yang dimiliki. Beban juga bisa diartikan sebagai pengeluaran yang dilakukan guna mendapatkan pendapatan atau keuntungan.

Tidak semua pengeluaran untuk mendapatkan keuntungan merupakan beban, ada beberapa kategori yang harus dipenuhi suatu pengeluaran agar dikatakan sebagai beban. Pengeluaran dikatakan sebagai beban ketika pengeluaran digunakan untuk mendapatkan pendapatan dan atau pengeluaran tersebut digunakan sebagai akibat menggunakan aktiva. Dengan kata lain, pengeluaran dikatakan sebagai beban jika aktiva atau harta kekayaan yang dimiliki mempunyai penurunan manfaat. Beban ini biasanya dikenakan pada aktiva atau kekayaan tetap atau yang tidak habis pakai. Perbedaan biaya dan beban akan lebih jelas jika disertai dengan contohnya. 

Perbedaan biaya dan beban serta contohnya dari segi pengertian, yaitu suatu perusahaan membeli persediaan barang dengan harga 2 juta rupiah dan membeli sebuah mesin dengan harga 10 juta rupiah. Kedua pengeluaran ini digolongkan ke dalam biaya pembelian persediaan barang dan pembelian mesin. Contoh perbedaan biaya dan beban lainnya yaitu sebuah perusahaan mempunyai persediaan barang pada awal bulan 1 juta rupiah tapi di akhir bulan nilai barang tersebut tersisa 200 ribu rupiah. Dengan demikian, nilai perlengkapan yang sudah habis sebesar 800 ribu rupiah. Nilai perlengkapan yang susut sebesar 800 ribu rupiah ini dimasukkan ke dalam beban yaitu beban perlengkapan.

Perbedaan Biaya dan Beban Pada Laporan Keuangan

Perbedaan biaya dan beban selain dilihat dari pengertiannya juga bisa dilihat dalam penulisan laporan keuangan. Biaya dimasukkan dalam laporan keuangan berupa neraca, sedangkan beban dimasukkan dalam laporan laba dan rugi. Pada dasarnya, biaya adalah pengeluaran modal atau pengeluaran yang dilakukan untuk mendapatkan suatu harta atau kekayaan. Harta atau kekayaan ini bisa berupa aktiva tetap ataupun untuk memperpanjang umur manfaat dari aktiva tetap yang sudah dimiliki. Sampai disini, perbedaan biaya dan beban sudah cukup jelas bukan? Beban termasuk dalam pengeluaran pendapatan dan dimasukkan dalam laporan rugi dan laba, sedangkan biaya masuk dalam pengeluaran modal dan dimasukkan ke dalam laporan neraca.

Untuk lebih memahami perbedaan biaya dan beban, cermatilah sebuah kasus berikut ini: “Dalam sebuah perusahaan dagang pada tanggal 21 November 2015 membayar uang sewa sebuah gudang untuk penyimpanan barang dagangannya sebesar 2 juta rupiah untuk satu tahun. Cukup jelas bahwa pengeluaran ini dimasukkan dalam kategori biaya karena uang yang dikeluarkan digunakan untuk mendapatkan aktiva atau kekayaan berupa gudang penyimpanan barang. Seiring berjalannya waktu masa pakai dari gudang tersebut berkurang, pengurangan masa pakai inilah yang disebut dengan beban.

perbedaan biaya dan beban menurut psak,perbedaan biaya dan beban dalam akuntansi,perbedaan biaya dan beban menurut para ahli,pengertian biaya dan beban,perbedaan biaya dan beban serta contohnya,

Perbedaan biaya dan beban beserta contohnya ini sudah sangat jelas bukan? Melalui pengertian dan contoh serta penempatan dalam laporan keuangan, antara biaya dan beban haruslah dikeluarkan. Bisa disimpulkan bahwa beban termasuk dalam pengeluaran pendapatan sehingga masuk dalam laporan laba dan rugi. Sedangkan beban termasuk pengeluaran model sehingga masuk dalam laporan neraca. Perbedaan biaya dan beban ini harus diperhatikan karena sering kali ada beberapa laporan keuangan yang salah hanya salah penempatan antara biaya dan beban. Semoga dengan penjelasan ini Anda semakin paham tentang biaya dan beban.