Kamis, 07 April 2016

Mengetahui Perbedaan Sarana dan Prasarana Berdasarkan Bentuk, Tujuan, dan Sifatnya

Mengetahui Perbedaan Sarana dan Prasarana - Dalam suatu susunan panitia kegiatan, Anda pasti akan melihat bagian sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana menjadi dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. Keduanya selalu disandingkan dalam berbagai bidang kegiatan. Lalu, apakah sebenarnya perbedaan sarana dan prasarana? Bukankah keduanya tetap menjadi dua hal yang berbeda? Inilah yang akan menjadi topik pembahasan kita kali ini. Sesuatu yang jarang dipahami namun terkadang dilalaikan oleh banyak orang. Namun demikian, mengetahui perbedaan sarana dan prasarana tetap menjadi sesuatu yang penting untuk kita ketahui.

pengertian sarana dan prasarana secara umum,perbedaan sarana dan prasarana transportasi,perbedaan sarana dan prasarana kantor,perbedaan sarana dan prasarana sekolah,

Baca juga: Perbedaan Seni Rupa Murni dan Terapan Beserta Contohnya

Untuk mengetahui perbedaan sarana dan prasarana, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian sarana dan prasarana secara umum. Sarana adalah suatu alat yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sarana disini biasanya berupa benda, perlengkapan, atau peralatan yang dapat dipindah tempatkan. Beberapa contoh sarana yang terdapat di lingkungan sekolah, antara lain papan tulis, kursi, meja, lemari buku, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan sarana, prasarana memiliki sifat yang lebih kuat. Pengertian prasarana adalah suatu hal yang menjadi penunjang atas terlaksananya suatu kegiatan, proses, dan lain sebagainya. Prasarana ini biasanya berupa benda yang tidak dapat dipindahtempatkan atau tidak bergerak. Beberapa contoh prasarana, antara lain tanah lapang, gedung, gedung perpustakaan, ruangan belajar, dan lain sebagainya. Setelah melihat pengertian sarana serta prasarana berserta contohnya di atas, apakah Anda mulai mengerti perbedaan sarana dan prasarana?

Selanjutnya, Kita Juga Dapat Melihat Perbedaan Sarana dan Prasarana Berdasarkan Beberapa Hal, Antara Lain

1. Perbedaan sarana dan prasarana berdasarkan bentuknya

Kita dapat melihat perbedaan sarana dan prasarana dari bentuknya. Sarana biasanya memiliki bentuk yang lebih kecil daripada prasarana. Selain itu, bentuk sarana memungkinkan untuk dipindahkan ke tempat lain. Hal ini sangat berbeda dengan prasarana. Prasarana biasanya memiliki bentuk relatif besar. Bentuknya yang besar dan menetap membuatnya tidak dapat dipindah tempatkan.

Dari suatu ruangan kantor, kita dapat membedakan antara sarana dan prasarana berdasarkan bentuknya. Beberapa contoh sarana yang berada di dalam ruang kantor antara lain: meja, kursi, rak buku, pulpen, penggaris, dan lain sebagainya. Sedangkan prasarana yang terdapat di dalam ruangan kantor, antara lain: lantai dan ruangan itu sendiri.

2. Perbedaan sarana dan prasarana berdasarkan tujuannya

Selanjutnya, Anda juga dapat melihat perbedaan sarana dan prasarana dari tujuannya. Tujuan sarana dan prasarana tentu sangatlah berbeda. Sarana akan bertindak sebagai alat yang secara nyata benar-benar digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. Misalnya dalam menjalani aktivitas belajar di sekolah, seorang siswa akan menggunakan sarana berupa buku tulis, buku paket, pulpen, pensil, penghapus, tipe-X, penggaris, dan lain sebagainya.

Namun, jika kita berbicara tentang tujuan prasarana. Prasarana menjadi sesuatu yang penting dalam suatu proses karena ia berperan sebagai penunjang utama. Apa yang dimaksud dengan penunjang utama? Yeah, prasarana tidak secara langsung berperan pada proses tersebut, namun mempunyai peran penting untuk menunjang kenyamanan dan keamanan proses. Misalnya dalam proses belajar di sekolah, prasarana yang digunakan adalah ruangan kelas yang nyaman. Ruangan kelas tersebut tidak berperan langsung dalam proses belajar, namun memberikan kenyamanan untuk siswa agar belajar dengan lebih tenang.

3. Perbedaan sarana dan prasarana berdasarkan sifatnya

Yang terakhir, Anda dapat mengetahui perbedaan sarana dan prasarana dari sifatnya. Seperti yang telah kita bahas diatas, sarana merupakan alat yang digunakan untuk menyelesaikan suatu proses yang dapat dipindahkan ke tempat lain. Kita dapat menyimpannya di dalam lemari serta mengeluarkannya lagi. Selain itu, sarana juga akan habis pakai. Untuk itu, jika sarana telah habis, Anda perlu membelinya kembali agar proses yang Anda lakukan tetap berjalan dengan lancar.

Hal ini berbeda dengan prasarana. Prasarana memiliki sifat tidak dapat dipindahkan ke tempat lain. Prasarana biasanya berupa tanah dan bangunan. Bagaimana Anda dapat memindahkan tanah dan bangunan? Prasarana ini juga merupakan barang yang tidak habis pakai. Namun, lama-kelamaan nilainya akan mengalami penyusutan.

Demikianlah perbedaan sarana dan prasarana yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui perbedaan ini Anda tidak akan salah kaprah dalam mengelompokkan sarana dan prasarana sekolah ataupun di tempat lain.