Minggu, 17 April 2016

Bagaimana Cara Membedakan Uang Asli dan Palsu Dengan Mudah

Cara Membedakan Uang Asli dan Palsu - Cara membedakan uang asli dan palsu untuk sebagian masyarakat mungkin masih dianggap sangatlah sepele. Namun hal yang disepelekan ini memang akan sangatlah berisiko. Ketika Anda tidak sadar jika Anda menggunakan uang palsu, hal pertama yang akan Anda rasakan adalah menyesal karena uang Anda akan dianggap hilang dengan nilai uang palsu yang Anda miliki tersebut. 


perbedaan uang palsu dengan uang asli,cara membedakan uang palsu dengan lampu,cara membedakan uang asli dan palsu 100 ribu,cara membedakan uang palsu 50 ribu,

Baca juga: Tips Mudah Dalam Perbedaan 3G dan 4G

Belum lagi ketika Anda membayar barang atau jasa menggunakan uang palsu. Jika Anda tidak menyadari uang palsu yang Anda gunakan tentunya akan membuat banyak orang berpikir jika Anda merupakan salah satu komplotan dari sindikat pembuat uang palsu. Itu sebabnya kenapa cara membedakan uang asli dan palsu sangatlah penting untuk diketahui.

Bahkan ketika Anda sedang melakukan transaksi, Anda perlu melakukan pengecekan dalam menerima uang kertas. Uang kertas dengan nomina tinggi memang sering digunakan untuk para oknum pembuat uang palsu. Sehingga dalam penggunaan uang dengan nomina tinggi memang perlu berhati-hati. Oleh sebab itu, cara membedakan uang asli dan palsu memang perlu untuk dilakukan dan tidak disepelekannya.

Cara membedakan uang asli dan palsu harus dilakukan sedini mungkin. Karena dengan melakukan pembedaan uang asli dan palsu sejak dini akan membuat Anda akan merasa lebih aman dalam melakukan transaksi. Bahkan di dalam bank-bank nasional juga sering memperingatkan masyarakat untuk melakukan pengecekan uang mereka apakah ada yang palsu atau tidak. 

Mungkin Anda masih ingat akan iklan layanan masyarakat oleh Bank Indonesia untuk membantu cara membedakan uang asli dan palsu. Secara teknis memang menggunakan cara yang mudah yaitu dengan melakukan perbedaan uang palsu dan asli dengan 3D. 3D ini adalah dilihat, diraba dan diterawang. Hal-hal inilah yang akhirnya disepelekan oleh banyak masyarakat karena cenderung gengsi ketika melakukan tahapan 3D ini.

Cara membedakan uang asli dan palsu memang secara teknis menggunakan langkah-langkah 3D. Untuk tahap dilihat sendiri memiliki cara yang sangat mudah dilakukan. Untuk uang asli, ketika secara langsung dilihat dengan mata telanjang memang akan memiliki warna yang lebih cerah karena menggunakan tinta khusus. Berbeda dengan uang palsu yang memiliki warna lebih pudar.

Ketika Anda membedakan uang asli dan palsu memang diperlukan ketelitian dalam pengamatan. Karena memang dengan teknologi yang sudah cukup canggih saat ini, pembuat uang palsu tentunya banyak sekali bertambah karena tergiur keuntungan yang berlipat. Cara membedakan uang asli dan palsu haruslah diketahui karena jika Anda menjadi salah satu korban uang palsu tentunya tidak mendapat ganti rugi. 

Mungkin jika Anda memiliki uang asli yang sobek, Anda dapat menukarkannya di Bank Indonesia. Tetapi untuk uang palsu, Anda tidak dapat melakukan klaim ke Bank Indonesia. Oleh sebab itu jangan sampai Anda menyepelekan masalah uang palsu. Dengan mengetahui cara membedakan uang asli dan palsu tentunya Anda diharapkan tidak akan terkena kasus uang palsu yang akan merugikan Anda.

Untuk tahap selanjutnya dalam cara membedakan uang asli dan palsu, Anda dapat melakukan proses diraba. Ya, proses ini memang cukup mudah dilakukan karena Anda hanya perlu meraba pada bagian uang kertas tersebut. Perbedaan uang asli dan palsu memiliki perbedaan pada penggunaan tinta khususnya. Di dalam uang asli tentunya membuat uang kertas terasa kasar. 

Di dalam uang asli, lambang negara juga memiliki tekstur yang kasar dibandingkan dengan uang palsu. Cara membedakan uang asli dan palsu ketika Anda melakukan tahap perabaan ini memang benar-benar harus dilakukan dengan benar agar dapat mengetahui dengan jelas perbedaannya. Jika Anda sudah terbiasa membedakan uang palsu dan asli tentunya hal ini sangatlah mudah dilakukan. 

Langkah selanjutnya dalam cara membedakan uang asli dan palsu adalah dengan melakukan penerawangan. Ketika Anda melakukan penerawangan, benang pengaman pada uang asli akan berubah-ubah warnanya sesuai dengan sudut pandang yang dilakukan. Berbeda dengan uang palsu yang benang pengamannya memiliki warna yang akan terlihat tetap walaupun dilihat dari berbagai sudut pandang manapun. 

Cara membedakan uang asli dan palsu di atas memang merupakan beberapa cara untuk memudahkan Anda dalam membedakan uang asli dan palsu. Karena walaupun teknologi sudah cukup canggih, Anda juga harus selalu waspada ketika menggunakan uang kertas. Mengingat uang kertas ini sangatlah mudah untuk dipalsukan. Terlebih lagi dengan nomina Rp 50.000 dan juga Rp 100.000.