Senin, 11 April 2016

Apa Perbedaan Drama dan Teater Dalam Kesenian Sastra

Perbedaan Drama dan Teater Dalam Kesenian Sastra - Perbedaan drama dan teater. Memang drama dan teater adalah salah satu bentuk dari Kesenian yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Namun bagi orang yang tidak pernah atau belum menonton baik drama maupun teater mungkin akan sedikit kesusahan dalam menemukan perbedaan drama dan teater. Saat ini, terdapat beberapa pengertian dari drama dan teater dan secara garis besar drama dan teater mempunyai makna yang hampir sama. Drama dan teater sama-sama merupakan bentuk Kesenian dalam bentuk pentas seni, berikut ini perbedaan drama dan teater.

persamaan drama dan teater,pengertian drama dan teater,pengertian drama,pengertian teater,ciri ciri drama,jelaskan perbedaan istilah teater dan drama,perbedaan drama dan film,

Baca juga: Perbedaan Eukariotik dan Prokariotik Dalam Ilmu Biologi

Pengertian Dari Drama dan Teater serta

Memang drama dan teater hampir sama maknanya, yakni sebagai kesenian sastra, namun pengertian drama dan teater tetaplah berbeda. Pengertian dari drama sendiri yakni merupakan sebuah kesenian yang bisa melukiskan gambaran dan sifat manusia dan diungkapkan dengan menggunakan gerakkan. Sedangkan perbedaan drama dan teater lainnya seperti. Sedangkan teater sebenarnya hampir sama pengertiannya dengan drama, namun teater adalah gedung pertunjukan atau auditorium. Selain itu, teater juga bisa disebut dengan kisah kehidupan manusia yang diperlihatkan kepada orang banyak.

Perbedaan Drama dan Teater Dilihat Dari Ciri-Cirinya

Sebenarnya drama dan teater itu berbeda dari segala aspek baik aspek yang sifatnya bisa dilihat maupun harus mengidentifikasinya terlebih dahulu. Adrian Darman Wijaya membagi ciri-ciri drama dan teater yang intinya sebagai berikut. Di dalam drama pengucapan vokal tidak harus diucapkan dengan cukup kuat karena akan diambil dengan menggunakan microphone. Emosi tidak perlu diperkuat karena diambil short shoot atau close up menggunakan kamera. Dalam penggunaan make up hanya tipis karena sudah dibantu dengan kamera. Sedangkan ciri dari teater berkebalikan dengan drama.

Perbedaan Drama dan Teater Dilihat Dari Kegiatan Pentasnya

Drama memang menghadirkan kualitas komunikasi, situasi dan segala yang terlihat dan bisa menimbulkan perhatian, kehebatan dan ketegangan dari para penontonnya. Di dalam pentasnya, drama ini akan melukiskan kehidupan dengan diiringi gerakan. Selain itu, ketika pentas drama juga bisa melukiskan sifat manusia melalui gerak meskipun sambil berbicara. Perbedaan drama dan teater dilihat dari kegiatan pentasnya memang cukup kompleks dan tidak hanya terdiri dari satu hal saja. Teater dilaksanakan di panggung pertunjukkan dan akan menceritakan kisah kehidupan misalnya wayang orang, reog, lenong, ludruk, sulapan dan lainnya.

Pada umumnya drama dan teater mempunyai arti yang sama namun cara pengungkapannya menggunakan cara berbeda sesuai dari ciri khas keduanya. Perbedaan drama dan teater pun sangat jelas terlihat dari identifikasinya. Dimana drama ini mempunyai kecenderungan termasuk ke dalam seni sastra yang di dalamnya juga terdapat puisi, esai dan prosa. Drama sendiri juga diartikan dengan peristiwa atau kejadian yang tokoh utamanya adalah manusia. Perbedaan drama dan teater lainnya. Teater juga merupakan kehidupan manusia yang diangkat ke pentas sehingga menjadi pertunjukkan teater. Oleh karena itu, drama bisa saja tidak dipertunjukkan di panggung namun jika teater harus ada di panggung sesuai dari arti nama teater sendiri.

persamaan drama dan teater,pengertian drama dan teater,pengertian drama,pengertian teater,ciri ciri drama,jelaskan perbedaan istilah teater dan drama,perbedaan drama dan film,

Dari penjelasan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa perbedaan drama dan teater adalah teater bisa tercipta karena sebuah drama. Drama tidak tercipta karena adanya teater, drama berjalan dengan sendirinya, tapi drama juga bisa dipentaskan di panggung. Tanpa adanya sebuah drama, maka teater hanya diartikan sebagai gedung pertunjukkan dan tempat pertunjukkan. Sehingga istilah drama serta teater memang mengacu kepada sebuah pengertian yang berbeda. Dengan begitu perbedaan drama dan teater tentu tidak bisa disamakan atau dijadikan sebagai sinonim untuk menggantikan dari satu maupun yang lainnya.

Setelah membaca penjelasan diatas, tentu Anda sudah bisa jika ditanya oleh guru, jelaskan perbedaan istilah drama dan teater? Satu lagi bahwa drama merupakan salah satu jenis dari karya sastra yang memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan sebuah karya sastra jenis lainnya. Karya sastra drama ini meliputi pengungkapan isi cerita yang disampaikan langsung dan dipertontonkan di depan umum. Kemasan drama lebih lengkap dari pada teater. Itulah perbedaan drama dan teater, semoga informasi ini bermanfaat.