Selasa, 08 Maret 2016

Pengertian Serta Perbedaan Ilmu Dan Pengetahuan

Pengertian Serta Perbedaan Ilmu Dan Pengetahuan - Perbedaan ilmu dan pengetahuan mungkin sebagian orang akan mengatakan kedua hal ini serupa. Padahal kenyataannya kedua hal ini berbeda satu sama lain walaupun memiliki keterkaitan. Oleh sebab itu dengan adanya pembahasan tentang ilmu dan pengetahuan ini tentunya akan membantu Anda untuk lebih mudah memahami tentang perbedaan kedua hal ini yang dapat dikatakan sudah salah kaprah terkait kemiripan maknanya.

perbedaan ilmu dan pengetahuan menurut para ahli,contoh perbedaan ilmu dan pengetahuan,perbedaan ilmu dan pengetahuan pdf,perbedaan ilmu dan pengetahuan dalam filsafat,

Baca Juga: Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme serta Pengertiannya

Pengertian ilmu sendiri merupakan salah satu pengetahuan yang memiliki fakta. Baik yang memiliki sifat alami maupun sosial yang berlaku secara umum dan sistematis. Atau juga dapat disebut sebagai pengetahuan yang sudah diatur menurut arti dan urutan yang menyeluruh serta sistematis. Perbedaan ilmu dan pengetahuan ini tentunya juga harus dipahami terlebih dahulu dari segi ilmu agar tidak salah kaprah kembali.

Namun yang perlu diketahui oleh masyarakat adalah tidak semua pengetahuan itu merupakan ilmu. Perbedaan ilmu dan pengetahuan ini tentu saja harus disesuaikan dengan konteks pembahasan. Pengertian pengetahuan adalah sebuah informasi yang diketahui oleh seseorang atau kelompok namun belum dapat dipelajari oleh khalayak umum karena belum diuji dan dikaji lebih lanjut.

Beberapa Hal Yang Membedakannya

Hal inilah yang merupakan perbedaan ilmu dan pengetahuan yang paling mendasar. Karena suatu ilmu itu harus dikaji dan diuji lebih lanjut jika berasal dari pengetahuan sehingga dapat digunakan untuk masyarakat umum. Jadi jika sebuah pengetahuan itu belum dikaji dan juga diuji, maka hal tersebut tidak dapat dikatakan sebagai sebuah ilmu. Hanya sebatas pengetahuan saja. Inilah yang membedakan antara ilmu dan pengetahuan.

perbedaan ilmu dan pengetahuan menurut para ahli,contoh perbedaan ilmu dan pengetahuan,perbedaan ilmu dan pengetahuan pdf,perbedaan ilmu dan pengetahuan dalam filsafat,

Contoh perbedaan ilmu dan pengetahuan yang sering kali mudah dijumpai oleh kita. Perbedaan ilmu dan pengetahuan yang tentunya sering menjadi perdebatan di masyarakat Indonesia sebagai contoh adalah praktek perdukunan. Hal tersebut tentunya hanya sebuah pengetahuan. Karena perdukunan sendiri belum dapat diuji kebenarannya sehingga bukanlah sebuah ilmu yang dapat disebarkan di masyarakat luas. 

Contoh dari ilmu adalah bahasa. Bahasa sendiri tentunya berlaku untuk umum dan memiliki sifat yang sistematis. Karena bahasa sendiri sudah memiliki sifat yang umum serta memiliki sifat sistematis yang dapat digunakan sebagai dasar atau acuan ini, maka bahasa sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah ilmu. Perbedaan ilmu dan pengetahuan ini yang sering terbalik penggunaannya.

Diantara Bererapa Persamaan

Persamaan ilmu dan pengetahuan juga ternyata memiliki kemiripan satu sama lain. Walaupun memiliki perbedaan ilmu dan pengetahuan yang cukup mendasar, ternyata masih memiliki persamaan. Dimana ilmu dan pengetahuan memiliki sifat metode dan juga sistem. Belum lagi ilmu dan pengetahuan memiliki obyek yang cukup lengkap dalam menggunakan nilai kebenaran dari suatu hal yang dijadikan sebagai obyek kajian. 

Perbedaan ilmu dan pengetahuan ini juga memiliki hubungan yang memiliki sifat sebab akibat. Sehingga dengan penggunaan sifat sebab akibat ini dapat menguatkan suatu kebenaran yang dapat digunakan sebagai acuan. Belum lagi baik ilmu dan pengetahuan memiliki karakter untuk dapat menganalisis hubungan logis dari beberapa fenomena yang dapat menghasilkan sebuah kesimpulan.

Ilmu dan pengetahuan memang dapat dibedakan atas kebutuhan dasar tentang klasifikasi dari beberapa hal yang diketahui oleh manusia. Perbedaan ilmu dan pengetahuan ini tentunya dibedakan dengan sebuah sistematis dari pengetahuan. Di mana proses sistematis ini dapat dilakukan penilaian dari metode kajian serta batasan kajian yang sudah diuji sebelumnya atau sering disebut sebagai ilmu. 

Berdasarkan asal katanya perbedaan ilmu dan pengetahuan memiliki makna yang berbeda. Untuk ilmu sendiri memiliki bagian dari pengetahuan yang sudah diuji dan dikaji kebenarannya. Sedangkan untuk pengetahuan sendiri belum dapat disusun secara sistematis dan belum tentu memiliki aspek kebenarannya. Hal inilah yang membuat perbedaannya sangat mencolok satu sama lainnya antara ilmu dan pengetahuan. 

Pengetahuan sendiri merupakan informasi yang memiliki sifat komentar. Berbanding terbalik dengan ilmu yang memiliki metode serta mekanisme tertentu. Perbedaan ilmu dan pengetahuan ini tentunya menghasilkan pandangan yang berbeda pula. Dalam ilmu, dapat dikatakan memiliki sifat yang obyektif. Di mana sifat obyektif ini tidak memihak dan sifatnya netral. Berbeda dengan pengetahuan yang memiliki sifat subyektif di mana cenderung akan memihak salah satu sisi saja. 

Perbedaan ilmu dan pengetahuan dari penjelasan di atas tentunya akan membantu Anda untuk dapat lebih memahami kembali tentang ilmu dan pengetahuan yang berbeda. Informasi tentang ilmu dan pengetahuan ini tentunya menjadi salah satu hal yang perlu dipahami dengan baik agar ke depannya tidak menjadikan salah kaprah lagi dengan menyamakan ilmu dan pengetahuan.