Rabu, 30 Maret 2016

Perbedaan SLR dan DSLR Pada Kamera Digital

Perbedaan SLR dan DSLR memang belum banyak diketahui - Kamera mempunyai fungsi yang digunakan untuk mengabadikan gambar atau video yang sangat penting. Sebenarnya untuk mengabadikan gambar maupun video dapat dilakukan dengan berbagai jenis kamera apapun asalkan bisa untuk menyimpan gambar. Seperti kamera saku, kamera digital, kamera SLR dan DSLR. Tentunya kamera SLR dan DSLR merupakan kamera yang banyak dicari oleh para pemula fotografer. Karena kamera ini dapat menghasilkan jepretan bagus. Meskipun bentuk kamera SLR dan DSLR hampir sama namun terdapat perbedaan SLR dan DSLR yang signifikan.

lebih bagus slr atau dslr,perbedaan canon dan nikon,perbedaan harga slr dan dslr,perbedaan slr dslr dan eos,

Baca juga: Beberapa Perbedaan Statistik dan Statistika

Mungkin kamera SLR dan DSLR merupakan dua istilah berbeda namun sangat familiar di telinga para pemula fotografer atau yang sudah berpengalaman. Akan tetapi sudah tahukah Anda mengenai perbedaan SLR dan DSLR maupun persamaan dari jenis kamera tersebut? Memang jika ingin membeli kamera ini, terdapat harga yang bervariasi dari kamera SLR maupun kamera DSLR. Selain berbeda di dalam harganya, spesifikasi kedua kamera ini pun sangat berbeda. Pada dasarnya perbedaan SLR dan DSLR selain dari segi harga, spesifikasi namun juga dari merek. Mereklah yang mempengaruhi konsumen untuk memilih kamera yang digunakan.

Perbedaan kamera SLR dan kamera DSLR juga bisa dilihat dari harga SLR dan DSLR. Kamera SLR sistem kerjanya merupakan kamera yang dapat menggunakan pentaprisma yang ada pada jalur optical dengan melewati sebuah lempengan film. Cahaya yang masuk dalam kamera SLR dipantulkan di kaca cermin serta mengenai pentaprisma tersebut. Pentaprisma inilah yang kemudian memantulkan cahaya yang mengenai jendela bidik. Ketika Anda melepaskan tombol, otomatis kaca akan memberikan jalan cahaya, sehingga cahaya bisa langsung mengenai film tersebut. Perbedaan SLR dan DSLR, pada kamera SLR tidak perlu prosesor digitalisasi atau kompresi data.

Lalu, manakah yang lebih bagus SLR atau DSLR? Mungkin bagi pemula yang ingin membeli sebuah kamera yang bagus akan mempertanyakan bagus kamera SLR atau DSLR. Pada dasarnya kedua jenis kamera tersebut sangat bagus tergantung pemakai lebih nyaman menyimpan gambar menggunakan jenis kamera apa. Memang terdapat perbedaan SLR dan DSLR pada sistem kerjanya. Kamera DSLR adalah kamera yang sudah berjenis digitals ingle lens refleks dengan menggunakan sebuah mechanical mirror sistem serta pentaprisma yang dapat mengarahkan cahaya langsung ke optical viewfinder yang ada pada kamera. Cukup jelas bukan perbedaan SLR dan DSLR dilihat dari sistem kerjanya?

Perbedaan kamera DSLR dengan SLR pada segi ukuran dan berat kamera. Pada dasarnya, kamera SLR mempunyai ukuran badan kamera yang relatif lebih kecil serta berat kamera yang sangat ringan jika dibandingkan dengan kamera digital SLR. Perbedaan SLR dan DSLR dirasa berkebalikan dengan kamera DSLR. Kamera DSLR mempunyai ukuran dari badan kameranya yang relatif lebih besar dan berat badan kamera DSLR yang lebih berat jika dibandingkan kamera SLR. Meskipun begitu, saat ini pun kamera DSLR sudah ada yang mempunyai badan kamera relatif kecil dan beratnya sama ringan.

Anda pun dapat melihat perbedaan SLR dan DSLR dari kualitas gambar jepretan. Biasanya kamera SLR mempunyai kualitas gambar yang lebih rendah jika dibandingkan dengan gambar yang dihasilkan dari kamera DSLR. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kamera yang dapat menghasilkan gambar dengan kualitas paling baik adalah kamera DSLR. Akan tetapi perbedaan SLR dan DSLR, jika Anda tidak bisa mengolah tombol-tombol yang ada pada kamera DSLR, bisa saja kualitas jepretan Anda kurang baik. Namun Anda dapat dengan mudah untuk mencetaknya tanpa harus mengambil film seperti pada karena SLR.

Perbedaan SLR dan DSLR jika dilihat dari segi harga, memang untuk saat ini kamera SLR mempunyai harga yang murah apabila dibandingkan dengan kamera DSLR. Kisaran harga dari kamera SLR pun masih dibawah 2 juta. Sedangkan kisaran harga pada kamera DSLR untuk pemula masih berada pada kisaran harga 4 jutaan. Sebaiknya setelah Anda membeli salah satu dari kedua jenis kamera tersebut, belajarlah kepada orang yang ahli agar jepretannya maksimal. Itulah penjelasan mengenai perbedaan SLR dan DSLR, semoga dapat membantu Anda yang sedang belajar memotret. Terima kasih.