Kamis, 31 Maret 2016

Beberapa Perbedaan Statistik dan Statistika

Perbedaan statistik dan statistika mungkin untuk sebagian orang tidak mengetahuinya. Mungkin juga Anda memiliki pandangan jika statistik dan statistika itu sama karena berhubungan dengan angka. Padahal keduanya memiliki pengertian yang berbeda namun sering disamakan. Fungsi keduanya memang sama tetapi prosesnya memiliki perbedaan. Fungsi statistika dan statistik ini dapat dikatakan sebagai bahan perbandingan yang dapat menyelesaikan sebuah masalah.


perbedaan statistik dan statistika menurut para ahli,perbedaan statistik dan statistika dan contohnya,perbedaan statistik dan statistika dalam matematika,contoh statistik dan statistika,

Baca juga: Pengertian Serta Perbedaan Badan Usaha Dan Perusahaan

Pengertian statistik tentunya harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum dapat membedakan tentang statistik dan statistika. Perbedaan statistik dan statistika terletak pada prosesnya. Di mana statistik ini merupakan kumpulan dari berbagai angka tentang sebuah permasalahan yang dapat memberikan sebuah gambaran dari permasalahan tersebut. Jadi, statistik dapat dikatakan sebagai sebuah kumpulan angka.

Berbanding terbalik dengan statistika. Perbedaan statistik dan statistika dari pengertian statistika sendiri adalah sebuah metode ilmiah yang mempelajari tentang teknik pengumpulan hingga pengaturan data yang disertai dengan proses penarikan kesimpulan yang sudah diuji dan dianalisa. Perbedaan yang sangat utama ini tentunya sering disalahartikan oleh masyarakat. Karena statistika sendiri merupakan sebuah metode ilmiah yang tentunya harus dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Perbedaan statistik dan statistika juga dilakukan dari segi pengumpulan data. Tentunya data-data tersebut sangat penting untuk dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan. Seperti dari pengertian statistik dan statistika tersebut yang memang akan membantu membuat keputusan dari angka-angka yang sudah didapatkan sebelumnya untuk menjadi data tambahan ketika melakukan proses perbandingan angka tersebut.

Atau dapat dipahami dengan mudah tentang perbedaan statistik dan statistika adalah Statistika merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang statistik. Dengan sebuah ilmu tersebut tentunya kebenaran harus dapat dipertanggungjawabkan karena harus diuji dan dihitung dengan tepat. Berbeda dengan statistik yang mungkin hanya sebatas tentang pengetahuan tentang angka-angka yang didapat untuk digunakan sebagai data.

Perbedaan Statistik Dan Statistika Dalam Proses Pengumpulan Data

Memang perbedaan statistik dan statistika terletak pada proses pengumpulan data. Tidak mengherankan jika keduanya memiliki perbedaan yang cukup terlihat ketika proses pengumpulan data tersebut. Ketika data dari statistik ini diperoleh, dapat disebut penggunaan data primer maupun data sekunder. Dimana data primer dapat diperoleh dari obyek penelitian. Berbeda dengan data sekunder yang harus menggunakan data yang secara tidak langsung digunakan.

Perbedaan statistik dan statistika dalam jenis pengumpulan data statistika juga berbeda. Di mana teknik pengumpulan data yang digunakan dalam statistika menggunakan dua teknik. Teknik tersebut adalah teknik sampling yang berdasarkan peluang serta teknik sampling yang tidak berdasarkan peluang. Kedua teknik ini juga dilakukan berbeda. Tidak mengherankan jika statistika ini memiliki perbedaan dengan statistik.

Pengumpulan data statistik dan statistika juga sangat berbeda. Terlebih lagi untuk statistik yang dapat menggunakan dua cara pengumpulan data. Perbedaan statistik dan statistika untuk pengumpulan data dalam statistika juga tentunya mengandalkan data dari statistik. Karena memang proses pengujiannya juga harus dilakukan dengan benar dan juga akurat sehingga tidak ada kesalahan.

Ketika Anda juga melakukan pengambilan sampel yang menggunakan metode statistika, Anda juga harus memperhatikan tentang teknik yang digunakan. Perbedaan statistik dan statistika memang sangat terlihat jelas ketika menggunakan teknik. Dimana teknik pengambilan sampel berdasarkan peluang memang harus dilakukan dengan menggunakan teknik yang perlu dilakukan di lokasi yang memiliki kesempatan yang sama untuk dapat digunakan sebagai pilihan sampel. Begitu pula sebaliknya dengan teknik pengambilan sampel yang tidak berdasarkan peluang.
perbedaan statistik dan statistika menurut para ahli,perbedaan statistik dan statistika dan contohnya,perbedaan statistik dan statistika dalam matematika,contoh statistik dan statistika,

Contoh perbedaan statistik dan statistika memang memiliki proses yang cukup menyita waktu karena tidak sebentar waktu yang digunakan. Terlebih lagi untuk statistik di mana ketika Anda harus membuat tabel atau daftar angka ketika mendapatkan data tersebut. Perbedaan statistik dan statistika tentunya juga membuat proses pengumpulan data statistik ini juga harus diuji kebenarannya. Itulah kegunaan dari statistika.

Perbedaan statistik dan statistika seperti yang sudah dijelaskan tersebut tentunya menjadi salah satu pengetahuan baru. Tentunya dengan informasi tentang perbedaan antara statistik dan statistika ini sudah cukup jelas sehingga tidak mengalami kesalahan lagi. Walaupun terlihat serupa, statistik dan statistika memang memiliki perbedaan yang cukup jauh. Namun statistika dan statistik ini juga memiliki sifat berkesinambungan sehingga dapat dikatakan tidak dapat berdiri sendiri.