Wednesday, March 30, 2016

10 Perbedaan Prokariotik dan Eukariotik Pada Tumbuhan dan Hewan

Perbedaan Prokariotik dan Eukariotik Pada Tumbuhan dan Hewan - Perbedaan prokariotik dan eukariotik haruslah diketahui agar Anda tidak salah dalam mengklasifikasikan sel tumbuhan dan hewan. Prokariotik dan eukariotik merupakan dua sel yang berbeda, prokariotik terdapat di tumbuhan sedangkan eukariotik terdapat di hewan. Kedua sel ini mempunyai struktur jaringan penyusun yang berbeda dan mempunyai ciri khasnya masing-masing. 


tabel perbedaan prokariotik dan eukariotik,perbedaan prokariotik dan eukariotik pdf,perbedaan prokariotik dan eukariotik beserta contohnya,perbedaan prokariotik dan eukariotik dalam tabel,

Baca juga: Perbedaan Senyawa dan Campuran Secara Spesifik

Ini Dia 10 Perbedaan Prokariotik dan Eukariotik Pada Sel

1. Ukuran sel
Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan atau eukariotik dan prokariotik yang pertama adalah pada ukuran selnya. Ukuran sel prokariotik jauh lebih kecil dibandingkan sel prokariotik, hal ini ditunjukkan pada diameter kedua sel. Diameter prokaritik hanya sekitar 0,2 sampai 2 saja sedangkan diameter eukariotik sekitar 10 sampai 100 um. Besarnya sel eukariotik bisa lima kali besar sel prokariotik.

2. Inti sel
Perbedaan prokariotik dan eukariotik juga bisa dilihat dari keberadaan inti sel. Pada sel eukariotik semuanya mempunyai inti sel yang nyata dan di dalamnya terdapat membran inti serta anak inti atau sering disebut dengan nukleolus. Sedangkan dalam sel prokariotik tidak mempunyai membran inti dan inti sel tidak nyata dan tidak tampak serta tidak mempunyai anak inti.

3. Membran sel
Membran sel juga menjadi perbedaan prokariotik dan eukariotik. Pada sel prokariotik semua organel di dalam sel tidak dibungkus oleh membran sedangkan pada sel eukariotik semua organel dalam sel terbungkus oleh membran sel. Membran sel ini mengandung karbohidrat dan sterol yang mempunyai fungsi sebagai reseptor sel.

4. Flagela
Flagela merupakan alat gerak pada sel, perbedaan prokariotik dan eukariotik dalam flagela cukuplah mencolok. Alat gerak atau flagela pada sel prokariotik mengandung dua protein dan hanya terdapat satu untaian saja. Sedangkan pada sel eukariotik, flagela terdiri atas mikrotubula yang banyak dan tidak terbatas jumlahnya.

5. Dinding sel
Perbedaan prokariotik dan eukariotik yang selanjutnya yaitu pada dinding sel kedua sel. Dinding sel pada prokariotik tersusun kompleks dan banyak mengandung peptodglycan. Sedangkan dinding sel pada eukariotk tersusun atas zat kimia yang sangat sederhana. Tabel perbedaan prokariotik dan eukariotik juga menyebutkan bahwa dalam sel prokaritik mengandung glikokaliks dalam bentuk sel, sedangkan dalam sel eukariotik terdapat pada sel yang tidak berdinding sel.

6. Sitoplasma
Perbedaan prokariotik dan eukariotik pada sitoplasma cukup kompleks. Sitoplasma pada sel prokariotik tidak ada atau dalam sel prokariotik tidak terdapat aliran sitoplasma atau sitoskleton. Sedangkan pada sel eukariotik mempunyai sitoplasma yang mengalir sepanjang sel.

7. Ribosom
Perbedaan prokariotik dan eukariotik yang selanjutnya, yaitu pada ribosom yang terletak di dalam sel. Ribosom sel prokariotik jumlahnya lebih sedikit dan lebih kecil, yaitu 70 S, sedangkan pada sel eukariotik terdapat dua jenis ribosom yaitu ribosom mayor dan ribosom minor. Ukuran ribosom mayor yaitu 80S sedangkan ribosom minornya 70S.

8. Susunan ADN/DNA
Susunan DN/DNA juga termasuk menjadi perbedaan prokariotik dan eukariotik. DNA dalam prokariotik bersifat sirkuler dan tidak mempunyai histon. Sedangkan pada sel eukariotik mempunyai histon dan berbentuk multiple linear. Jumlah DNA keduanya juga berbeda, pada sel prokariotik DNA atau kromosom terdapat lebih dari satu. Pada sel eukariotik hanya satu saja yang disebut dengan plasmid.

9. Reproduksi
Perbedaan prokariotik dan eukariotik juga terdapat dalam cara reproduksinya. Pada sel prokariotik reproduksi terjadi dengan cara konjugasi atau transfer DNA sedangkan dalam sel eukariotik reproduksi yan dilakukan yaitu dengan cara pembelahan sel atau meiosis.

10. Kloroplas
Perbedaan prokariotik dan eukariotik dalam hal kloroplas juga sangat menonjol. Kloroplas hanya terdapat pada sel prokariotik atau sel tumbuhan saja sedangkan dalam sel aukariotik atau sel hewan tidak mempunyai kloroplas.

tabel perbedaan prokariotik dan eukariotik,perbedaan prokariotik dan eukariotik pdf,perbedaan prokariotik dan eukariotik beserta contohnya,perbedaan prokariotik dan eukariotik dalam tabel,

Perbedaan prokariotik dan eukariotik ini bisa Anda amati langsung dengan menggunakan mikroskop. Contoh prokariotik dan eukariotik yaitu sel prokariotik biasanya terdapat dalam sel tumbuhan, sedangkan eukariotik biasanya terdapat dalam sel hewan. Sel hewan dan sel tumbuhan tidak hanya pada kesepuluh hal di atas tapi masih ada hal yang membedakannya yaitu tipe sel. Pada prokariotik tipe selnya adalah multiseluler sedangkan pada eukariotik tipe selnya adalah uniseluler atau sel tunggal.