Rabu, 24 Februari 2016

8 Perbedaan Arteri dan Vena Di Dalam Tubuh

Perbedaan Arteri dan Vena Di Dalam Tubuh - Sudah tahukah Anda apa saja perbedaan arteri dan vena? Arteri dan vena merupakan pembuluh darah yang ada pada tubuh manusia. Pembuluh darah vena dan arteri adalah dua organ vital tubuh untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Tanpa kedua pembuluh darah ini tubuh tidak akan mendapatkan asupan nutrisi yang maksimal. Bisa dikatakan pembuluh darah merupakan organ paling penting dalam kehidupan manusia. Arteri dan vena merupakan pembuluh darah yang mempunyai tugas yang berbeda. Keduanya juga terletak di tempat yang berbeda dalam tubuh, dan masih banyak lagi perbedaan arteri dan vena ini.

tabel perbedaan arteri dan vena,perbedaan arteri dan vena dalam tabel,perbedaan arteri dan vena dalam bentuk tabel,perbedaan arteri dan vena pdf,perbedaan arteri dan vena secara histologi,

Baca juga: Perbedaan Bank Konvensional dan Bank Syariah Yang Perlu Dipahami

Ada 8 perbedaan yang paling mencolok dari pembuluh darah vena dan pembuluh darah arteri. Perbedaan arteri dan vena ini bisa dilihat dari fungsinya, letaknya, arah alirannya, kandungan O2 dan CO2, denyutannya, diameternya, warnanya, dan kecepatan dalam pembekuannya. 

Untuk Lebih Jelasnya Berikut ini Penjelasan Mengenai Perbedaan

1. Perbedaan fungsi vena dan arteri

Fungsi darah secara umum adalah mengedarkan sari-sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh. Vena dan arteri mempunyai perbedaan yang mencolok pada fungsinya. Perbedaan arteri dan vena dalam hal fungsi adalah pembuluh darah vena bertugas mengangkut CO2 dari seluruh tubuh menuju ke paru-paru sedangkan pembuluh darah arteri mempunyai fungsi untuk mengangkut O2 dari paru-paru dan jantung menuju ke seluruh tubuh.

2. Letak vena dan arteri

Perbedaan arteri dan vena bisa dilihat dari segi letaknya. Letak kedua pembuluh darah ini berbeda dari segi kedalamannya pada kulit. Arteri terletak lebih dalam dan tersembunyi pada bagian bawah kulit sedangkan vena letaknya agak di atas. Pembuluh darah vena ini terlihat dari permukaan kulit, terlebih lagi jika kulit Anda berwarna putih maka akan sangat jelas letak dari pembuluh vena. Sedangkan arteri yang letaknya agak dalam tidak akan terlihat dari permukaan kulit.

tabel perbedaan arteri dan vena,perbedaan arteri dan vena dalam tabel,perbedaan arteri dan vena dalam bentuk tabel,perbedaan arteri dan vena pdf,perbedaan arteri dan vena secara histologi,

3. Arah aliran vena dan arteri

Perbedaan arteri dan vena juga bisa dilihat dari arah alirannya. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa arteri mengangkut O2 dari jantung dan paru-paru ke seluruh tubuh sedangkan vena mengangkut CO2 dari seluruh tubuh ke paru-paru dan jantung. Jadi, arah aliran arteri adalah keluar dari jantung sedangkan arah dari aliran vena adalah menuju ke jantung.

4. Kandungan O2 dan CO2 vena dan arteri

Sudah sangat jelas bahwa perbedaan arteri dan vena ada pada kandungan O2 dan CO2 di dalamnya. Kandungan O2 dalam pembuluh darah arteri sangat banyak tapi ada satu pembuluh darah arteri yang sedikit mengandung O2 yaitu pembuluh darah arteri pulmonalis. Berbeda dengan pembuluh darah vena, pembuluh darah ini kaya akan CO2 kecuali di bagian vena pulmonalis.

5. Denyutan vena dan arteri

Perbedaan arteri dan vena juga bisa dirasakan dari denyutannya. Denyutan pembuluh darah arteri akan terasa dibandingkan dengan pembuluh darah vena. Hal ini dikarenakan pembuluh darah arteri mempunyai aliran yang sangat deras sedangkan pembuluh darah vena alirannya sangat lambat sehingga tidak terasa denyutannya.

6. Diameter vena dan arteri

Vena dan arteri juga mempunyai perbedaan pada diameter pembuluh darah. Perbedaan arteri dan vena dilihat dari diameternya adalah diameter vena lebih besar dibandingkan dengan diameter pembuluh darah arteri. Hal inilah yang menyebabkan jika pembuluh darah arteri yang terluka maka darah akan memancar sedangkan jika pembuluh darah vena yang terluka hanya menetes saja.

7. Warna vena dan arteri

Dari tabel perbedaan arteri dan vena didapatkan bahwa warna dari vena dan arteri mempunyai perbedaan yang mencolok. Walaupun keduanya mempunyai warna dasar merah dari darah, tapi warna pembuluh darah arteri lebih terang sedangkan warna pembuluh darah vena lebih gelap.

8. Kecepatan pembekuan vena dan arteri

Perbedaan arteri dan vena yang terakhir adalah dalam kecepatan pembekuannya. Pembuluh darah dari pembuluh arteri lebih lambat membeku dibandingkan dengan darah yang berasal dari pembuluh vena.

Pada dasarnya, arteri dan vena mempunyai peran yang sangat penting dalam peredaran darah besar dari jantung ke seluruh tubuh manusia. Jika salah satu pembuluh darah ini rusak maka akan terjadi gangguan dalam sistem peredaran darah manusia. Dengan mengetahui perbedaan arteri dan vena diharapkan kita bisa membedakan dengan pasti apa itu pembuluh darah arteri dan pembuluh darah vena.