Selasa, 16 Februari 2016

Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina Dengan Langkah Mudah

Cara membedakan cucak ijo jantan dan betina juga terkadang menjadi masalah untuk para pemula. Burung cucak ijo masih menjadi primadona karena memiliki warna yang cantik serta memiliki suara kicauan yang sangat merdu. Bahkan memiliki memori yang cukup menjadi andalan. Dengan tingkat popularitasnya yang semakin naik ini tentunya membuat banyak orang rela membeli burung yang satu ini dengan harga yang cukup terjangkau.

perbedaan cucak ijo kalimantan dan banyuwangi yang masih muda,cara membedakan cucak ijo jantan dan betina saat masih muda,cara membedakan cucak jenggot jantan dan betina yang masih anakan,

Baca juga: Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina Dengan Tepat

Untuk Anda yang mencoba melakukan budi daya cucak ijo memang menentukan jenis kelamin dari cucak ijo tentunya menjadi prioritas utama. Atau ketika Anda memutuskan memelihara cucak ijo untuk disertakan dalam lomba tentunya juga harus memilih dengan benar. Cara membedakan cucak ijo jantan dan betina sebenarnya dapat dilihat dari fisiknya yang memiliki perbedaan. 

Cara membedakan cucak ijo jantan dan betina untuk para profesional tentunya akan berbeda dengan para pemula yang digunakan. Jika ingin disertakan dalam lomba, sebaiknya menggunakan cucak ijo jantan karena memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dalam berkicau dibandingkan dengan cucak ijo betina. Tidak mengherankan jika banyak sekali peminat cucak ijo jantan. 

Ketika memutuskan untuk membudidayakan cucak ijo tentunya Anda harus menentukan induk yang tepat. Sehingga Anda harus jeli memilih cucak ijo jantan dan betina yang tepat. Cara membedakan cucak ijo jantan dan betina juga sebaiknya dapat Anda pahami. Agar ketika Anda membeli cucak ijo tentunya tidak mudah tertipu dan akan mendapatkan cucak ijo yang terbaik.

perbedaan cucak ijo kalimantan dan banyuwangi yang masih muda,cara membedakan cucak ijo jantan dan betina saat masih muda,cara membedakan cucak jenggot jantan dan betina yang masih anakan,

Beberapa Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan Dan Betina

Sebenarnya ada beberapa cara membedakan cucak ijo jantan dan betina dengan mudah untuk pemula. Namun sering kali para pemula lebih mempercayai penjual daripada mencoba mencari tahu sendiri. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara cucak ijo jantan dan juga betina yang mungkin dapat Anda praktekkan sendiri ketika sedang membeli cucak ijo di pasaran.

Pertama, Anda dapat melihat perbedaan lingkar mata. Pada cucak ijo yang sudah memasuki usia dewasa biasanya akan terlihat perbedaannya pada daerah pada lingkar mata. Cara membedakan cucak ijo jantan dan betina ini dapat dilihat pada cucak ijo jantan yang memiliki lingkar mata yang berwarna kuning. Berbeda dengan cucak ijo betina yang memiliki lingkar mata berwarna putih. 

Cara membedakan cucak ijo jantan dan betina dewasa juga dapat dilihat secara fisik. Di mana cara membedakan cucak ijo jantan dan betina akan memiliki paruh bawah yang berbeda. Untuk cucak ijo jantan akan memiliki warna cokelat gelap. Yang tentunya akan menambah kesan maskulin pada cucak ijo jantan. Berbeda dengan cucak ijo betina yang memiliki paruh bawah berwarna putih bersih. 

Ketika Anda tengah membedakan cucak ijo jantan dan betina yang masih muda, Anda dapat memperhatikan dengan cermat beberapa bagian tubuhnya. Cara membedakan cucak ijo jantan dan betina dapat diperhatikan pada bagian lehernya. Untuk betina biasanya akan terdapat warna kuning yang lama kelamaan akan berubah ke warna putih kehijauan. Sedangkan untuk jantan biasanya memiliki warna kuning yang akan berubah menjadi warna hitam. 

Cara membedakan cucak ijo jantan dan betina juga dapat dibandingkan antara jantan dan betinanya. Ukuran tubuh cucak ijo jantan dan betina akan memiliki perbedaan yang sangat terlihat dengan jelas. Seperti contohnya bentuk kepala yang lebih bulat dan lebih besar untuk cucak ijo jantan. Lalu untuk ukuran tubuh yang lebih kecil untuk cucak ijo betina. Dari perbedaan ukuran tubuh tersebut akan memudahkan Anda untuk membandingkan cucak ijo jantan dan betina. 

Cucak ijo betina dewasa biasanya akan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan cucak ijo jantan. Belum lagi dalam hal suaranya yang juga memiliki perbedaan. Untuk jantan biasanya memiliki suara yang lebih merdu dibandingkan dengan betina. Cara membedakan cucak ijo jantan dan betina dari suara ini juga dapat dijadikan sebagai sumber untuk menentukan jenis kelaminnya. 

Dari berbagai cara membedakan cucak ijo jantan dan betina tentunya akan semakin memudahkan Anda ketika sedang memilih cucak ijo. Karena pengetahuan Anda sebelum membeli cucak ijo juga harus diperhatikan agar tidak mudah ditipu oleh penjualnya. Dengan memiliki pengetahuan dasar tentang membedakan cucak ijo jantan dan juga betina ini tentunya akan membuat Anda lebih jeli dalam memilih.