Selasa, 16 Februari 2016

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Dengan Mudah dan Tepat

Cara membedakan kenari jantan dan betina dengan tepat - Burung kenari adalah sejenis burung kicauan yang begitu populer dan terkenal karena suara kicauannya begitu khas. Burung kenari memiliki suara kicauan yang memukau dan merdu sehingga membuat banyak pencinta burung tertarik memiliki burung kenari dan juga ingin memeliharanya di rumah. Untuk memelihara burung kenari, tentunya kita harus mengetahui bagaimana membedakan kenari jantan dan betina terlebih dulu agar tidak salah dalam hal perlakuan.

cara membedakan kenari jantan dan betina secara fisik,cara membedakan kenari jantan dan betina umur 6 bulan,cara membedakan kenari jantan dan betina umur 1 bulan,

Baca juga: Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina Dengan Langkah Mudah

Tak sedikit pencinta burung kenari yang tengah menurunkan burung kenarinya menuju arena perlombaan untuk burung berkicau jika kenarinya telah bersuara dan gacor serta mempunyai kemampuan berkicau dengan baik. Biasanya kenari berkelamin jantan inilah yang bisa berkicau sangat memukau dan bagus. Untuk itu, sangat penting mengenal cara membedakan kenari jantan dan betina. Memang tidaklah mudah, namun tenang saja Anda bisa mengetahui perbedaan kenari jantan dan betina dengan melihat ciri-ciri fisik dan karakter yang dimilikinya. 

Untuk Anda yang masih penasaran dan bingung membedakan antara burung kenari jantan dan burung kenari betina, berikut ciri-ciri kenari jantan dan betina yang perlu Anda ketahui sebagai berikut ini.

cara membedakan kenari jantan dan betina secara fisik,cara membedakan kenari jantan dan betina umur 6 bulan,cara membedakan kenari jantan dan betina umur 1 bulan,

Beberapa Cara Membedakannya Dilihat Dari Sekujur Tubuh

1. Pembuluh Vena

Cara membedakan kenari jantan dan betina lewat pembuluh vena ini baru bisa dilihat ketika usia burung kenari baru memasuki umur 3-4 harian. Pada burung kenari berkelamin jantan, maka pembuluh vena akan terlihat di bagian sebelah perut serta menuju area dubur. Cara membedakan kenari jantan dan betina untuk betina sendiri pembuluh vena tak akan terlihat saat usia 3-4 harian.

2. Posisi Mata

Cara membedakan kenari jantan dan betina berikutnya bisa dilihat dari posisi mata saat burung kenari berusia 7 hari. Untuk burung kenari jantan, pada usia 7 hari biasanya posisi mata akan sejajar dengan posisi paruh. Sementara dalam cara membedakan kenari jantan dan betina ini, posisi mata terlihat lebih tinggi dibandingkan posisi paruhnya.

3. Bentuk Kepala

Cara membedakan kenari jantan dan betina selanjutnya adalah dilihat dari bentuk kepala. Burung kenari berkelamin jantan umumnya mempunyai bentuk kepala lebih ramping. Cara membedakan kenari jantan dan betina pada betinanya sendiri bentuk kepalanya lebih bulat.

4. Karakter Lompatan

Cara membedakan kenari jantan dan betina berikutnya bisa dilihat ketika usia burung mencapai 2-3 mingguan. Bila diperhatikan, pada burung kenari berkelamin jantan biasanya burung tersebut mempunyai lompatan lebih jauh daripada kenari berkelamin betina.

5. Postur Tubuh

Cara membedakan kenari jantan dan betina selanjutnya bisa dilihat dari bentuk postur tubuh kenari itu sendiri. Pada burung kenari berkelamin jantan, umumnya postur tubuh lebih besar dan lebih panjang. Sementara burung kenari berkelamin betina postur tubuhnya tak begitu besar serta cenderung lebih bulat.

cara membedakan kenari jantan dan betina secara fisik,cara membedakan kenari jantan dan betina umur 6 bulan,cara membedakan kenari jantan dan betina umur 1 bulan,

6. Bentuk Kaki

Untuk membedakan antara burung kenari jantan dan betina, bisa melihat dari bentuk kakinya. Pada burung kenari berkelamin jantan, mempunyai kaki lebih panjang beserta jari-jari renggang. Sementara burung kenari yang betina mempunyai kaki lebih pendek dengan jari lebih rapat daripada kenari jantan.

7. Tulang Belakang

Cara membedakan kenari jantan dan betina lainnya bisa dilihat dari tulang belakang. Burung kenari berkelamin jantan pada bagian tulang belakangnya berwarna lebih pekat dan gelap. Sementara pada burung kenari berkelamin betina sendiri warna tulang belakang lebih terang.

8. Dubur

Anda juga bisa melihat bentuk dubur kenari. Pada kenari jantan biasanya duburnya lebih menonjol serta terdapat benjolan. Berbeda halnya pada kenari berkelamin betina yang umumnya tak mempunyai benjolan dan tergolong lebih datar dibandingkan yang jantan.

Dengan mengenai perbedaan antara burung kenari yang jantan dan betina seperti di atas, tentunya Anda bisa lebih mudah ketika ingin memilih burung kenari jantan dengan sifat gacorannya yang lebih merdu dan lantang. Mengetahui cara membedakan kenari jantan dan betina merupakan hal paling penting ketika hendak memelihara burung kenari. Ciri-ciri burung kenari jantan dengan burung kenari betina tentunya sangat jauh berbeda jika melihat bentuk fisik dan karakter yang dimilikinya. Demikian ulasan perbedaan kenari betina dan jantan, semoga bermanfaat!