Selasa, 12 April 2016

Tentang Perbedaan Lemak dan Minyak

Perbedaan Lemak dan Minyak - Perbedaan lemak dan minyak memang dapat dikatakan secara langsung akan mengalami perbedaannya. Terlebih lagi ketika Anda masih bingung untuk membedakan lemak dan minyak dalam masakan. Secara tekstur memang lemak dan minyak ini cenderung licin. Lemak ini biasanya berasal dari hewani. Sedangkan untuk minyak sendiri berasal dari nabati. Perbedaan mendasar itulah yang sering disalah artikan oleh masyarakat jika minyak dan lemak itu serupa. 


perbedaan lemak dan minyak secara fisika dan kimia,perbedaan lemak dan minyak pdf,pengertian lemak dan minyak,perbedaan lemak dan minyak secara fisik dan kimia,

Baca juga: Apa Sajakah Perbedaan Lemon dan Jeruk Nipis?

Untuk Anda yang sering kali salah dalam penyebutan minyak dan lemak ini memang perlu dipahami perbedaan nya agar tidak terjadi kesalahan kembali. Perbedaan lemak dan minyak memang sering diabaikan oleh masyarakat sehingga terkadang mereka sering melakukan kesalahan karena menganggap minyak dan lemak itu serupa. Namun sebelum mengetahui perbedaan nya, terlebih dahulu mengetahui tentang persamaan minyak dan lemak. 

Persamaan Minyak Serta Lemak

Perbedaan lemak dan minyak memang terletak pada bentuknya. Ketika berada di dalam suhu ruangan, lemak biasanya akan berupa padat. Ketika Anda memanaskan daging sapi yang memiliki gajih biasanya akan muncul beberapa gumpalan seperti lilin. Itulah yang dinamakan lemak. Berbeda dengan minyak yang ketika ada di suhu ruangan akan berbentuk zat cair. 

Baik minyak dan lemak memiliki senyawa serupa yaitu ester non-polar. Di mana membuat minyak dan lemak ini tidak dapat larut dalam air. Ketika Anda menuangkan minyak di dalam air, biasanya akan membuat minyak berada di atas air. Begitu pula dengan lemak yang juga akan berada di atas air ketika dituangkan. Bahkan berbentuk gumpalan seperti lilin. Perbedaan lemak dan minyak juga ada banyak sekali selain berasal dari hewani dan nabati. 

Selain perbedaan lemak dan minyak, ada juga persamaan minyak dan lemak yang dapat menjadi sumber energi untuk kebutuhan tubuh manusia. Bahkan juga, minyak dan lemak ini dapat berfungsi sebagai salah satu penyalur panas ketika sedang menggoreng bahan makanan. Belum lagi kandungan zat yang ada di dalam lemak dan minyak yang dapat membantu melarutkan vitamin yang baik untuk tubuh.

Di dalam lemak dan minyak ini memiliki struktur molekul yang serupa sehingga akan membuatnya sulit untuk bercampur dengan air. Bahkan dalam proses pemasakan baik lemak maupun minyak juga akan sulit tercampur dengan baik. Perbedaan lemak dan minyak juga dapat diketahui dari beberapa kandungan di dalam minyak dan juga lemak serta rupanya.

Berbagai Macam Perbedaan Lemak dan Minyak

Perbedaan lemak dan minyak juga dapat dibedakan dari isinya. Untuk lemak sendiri akan memiliki isi yang berupa asam lemak jenuh. Sedangkan dalam minyak akan berisi asam lemak tak jenuh. Itulah sering kali membuat adanya perbedaan lemak jenuh dan tak jenuh. Oleh sebab itu, pengetahuan tentang minyak dan lemak yang disalah artikan harus diperbaiki agar tidak semakin salah paham kembali. 

Contoh lemak dan minyak adalah untuk lemak bisa berasal dari daging sapi, daging ayam bahkan dapat berasal dari minyak ikan. Berbeda dengan minyak ikan yang memiliki kandungan omega 9, untuk daging sapi dan daging ayam cenderung berupa lemak jenuh. Perbedaan lemak dan minyak ini juga dilihat dari contoh minyak tak jenuh yang berupa minyak kelapa, minyak zaitun dan minyak nabati lainnya. 

Perbedaan lemak dan minyak secara umumnya memang terletak pada wujud keduanya. Di mana saat ada di suhu ruangan lemak akan memiliki bentuk wujud padat. Sedangkan untuk minyak akan berbentuk cair. Namun ketika minyak di masukkan ke dalam lemari pendingin, bentuknya juga akan berubah menjadi padat dan memiliki wujud serupa dengan lemak ketika dimasukkan ke lemari pendingin. 

Komposisi penyusun antara lemak dan minyak juga memiliki perbedaan. Perbedaan lemak dan minyak dalam hal komposisi ini dapat terlihat pada lemak yang memiliki asam lemak yang kapasitasnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan minyak. Hal inilah yang membuat perbedaan keduanya semakin mencolok walaupun keduanya sama-sama memiliki persamaan zat yang terkandung di dalamnya. 

Perbedaan lemak dan minyak di atas tentunya dapat diharapkan agar membantu Anda untuk membedakan antara minyak dan juga lemak yang sering disamakan. Padahal keduanya memiliki zat yang berbeda dan juga memiliki asal yang juga berbeda. Untuk dapat mudah dipahami sebaiknya mengetahui jika lemak itu berasal dari hewani sedangkan minyak itu berasal dari nabati atau tumbuhan.