Rabu, 20 April 2016

5 Perbedaan Anabolisme dan Katabolisme Dalam Metabolisme

Perbedaan anabolisme dan katabolisme dalam metabolisme sebenarnya sangat berbeda, hanya saja banyak orang yang belum mengetahui perbedaan antara anabolisme dan katabolisme. Proses anabolisme dan katabolisme sendiri merupakan proses metabolisme dalam tubuh yang terjadi secara terus menerus. Kedua proses ini tidaklah lepas dari aktivitas sehari-hari manusia. Nah, untuk mempermudahkan Anda dalam mengenali perbedaan anabolisme dan katabolisme, maka dalam pembahasan kali ini juga akan diberikan contoh dari proses anabolisme dan katabolisme. Perbedaan anabolisme dan katabolisme serta contohnya ini akan dijelaskan secara detail.


Baca juga: 5 Perbedaan Asam dan Basa Serta Contoh Zatnya

Perbedaan Anabolisme dan Katabolisme Dilihat Dari Prosesnya

Perbedaan anabolisme dan katabolisme bisa dilihat secara sederhana dari proses yang terjadi antara keduanya. Anabolisme merupakan reaksi proses metabolisme dengan menggunakan energi guna membuat molekul yang sederhana menjadi molekul yang lebih kompleks. Proses anabolisme ini membutuhkan energi lain agar hasil dari metabolisme sempurna. Contoh proses anabolisme adalah proses fotosintesis pada tumbuhan, proses sintesis lemak dalam tubuh, dan proses sintesis protein dalam tubuh. Perbedaan anabolisme dan katabolisme dari prosesnya belum jelas jika tidak mengetahui bagaimana proses dari katabolisme sendiri.

Proses katabolisme sendiri merupakan metabolisme yang menghasilkan sebuah energi, dimana proses ini merombak molekul yang kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana. Bisa dilihat perbedaan anabolisme dan katabolisme dalam prosesnya yaitu anabolisme merombak molekul sederhana ke kompleks, sedangkan katabolisme merombak molekul kompleks menjadi molekul sederhana. Contoh dari proses katabolisme yaitu proses respirasi pada sel. Pada saat sel respirasi bahan organik dan glukosa dirombak menjadi air dan karbondioksida dan menghasilkan sebuah energi yang dilepaskan oleh sel. Dilihat dari prosesnya, sudah cukup jelas bukan, apa perbedaan anabolisme dan katabolisme?

Untuk memperjelas perbedaan anabolisme dan katabolisme, berikut ini beberapa indikator pembeda antara anabolisme dan katabolisme:

1. Energi yang dihasilkan

Perbedaan anabolisme dan katabolisme beserta contohnya yang pertama adalah energi yang dihasilkan. Dalam proses anabolisme dan katabolisme penggunaan energi ini sangatlah mencolok. Proses anabolisme tidak menghasilkan energi sama sekali tapi membutuhkan energi yang dihasilkan dari proses katabolisme. Sebaliknya, proses katabolisme dalam prosesnya tidak membutuhkan energi tapi justru melepaskan atau menghasilkan energi untuk digunakan dalam proses anabolisme.

2. Jalur molekul yang dipecah

Perbedaan anabolisme dan katabolisme yang kedua, yaitu pada jalur yang dipecahkan oleh kedua proses. Proses anabolisme jalur molekul yang dipecahkan adalah molekul kecil yang saling terhubung kemudian tersusunlah molekul yang lebih besar. Sedangkan dalam proses katabolisme jalur yang digunakan atau jalur yang dipecah adalah molekul yang besar kemudian dipecahkan menjadi molekul-molekul yang kecil.

3. Keterkaitan energi katabolisme dan anabolisme

Perbedaan anabolisme dan katabolisme dalam bentuk tabel dijelaskan bahwa energi yang dilepaskan oleh proses katabolisme dan energi yang digunakan dalam proses anabolisme adalah saling berkaitan. Dengan kata lain, proses katabolisme tidak tergantung dengan proses anabolisme, justru proses anabolisme yang bergantung pada proses katabolisme. Anabolisme bisa terjadi jika proses katabolisme sudah terjadi.

4. Waktu terjadi

Perbedaan anabolisme dan katabolisme yang paling mudah dicerna adalah waktu terjadinya. Proses katabolisme terjadi ketika manusia melaksanakan kegiatan karena selama proses ini dibutuhkan energi dari kontraksi otot yang terjadi. Sedangkan proses anabolisme biasanya terjadi pada saat tubuh dalam keadaan rileks seperti istirahat atau tidur.

5. Bahan yang digunakan

Perbedaan anabolisme dan katabolisme yang terakhir adalah bahan yang digunakan selama proses metabolisme keduanya. Proses katabolisme cenderung menggunakan makanan yang tersimpan dalam tubuh untuk dijadikan energi. Sedangkan dalam proses anabolisme terjadi untuk memperbaiki dan membentuk jaringan suatu organ dalam tubuh. Bahan yang digunakan tentu saja berbeda antara proses anabolisme dan katabolisme.


tabel perbedaan anabolisme dan katabolisme,perbedaan anabolisme dan katabolisme dalam bentuk tabel,perbedaan anabolisme dan katabolisme serta contohnya,perbedaan anabolisme dan katabolisme pdf,
Proses anabolisme dan katabolisme ini merupakan proses metabolisme dalam tubuh. Secara tidak disadari setiap hari kedua proses ini selalu dilakukan oleh sel-sel yang ada di dalam tubuh. Kedua proses ini tidak hanya mempunyai perbedaan saja tapi juga mempunyai persamaan. Perbedaan anabolisme dan katabolisme sudah cukup jelas dengan penjelasan di atas. Lalu, apa saja persamaan dari proses anabolisme dan katabolisme ini? Persamaan keduanya adalah sama-sama merupakan proses metabolisme dalam tubuh yang terjadi pada setiap sel dalam tubuh makhluk hidup.