Thursday, March 31, 2016

Perbedaan Cek dan Bilyet Giro Dilihat dari 5 Faktor Berbeda

Perbedaan Cek dan Bilyet Giro Dilihat dari 5 Faktor Berbeda - Dalam dunia keuangan dan perbankan, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah cek dan bilyet giro. Perlu Anda ketahui bahwa keduanya merupakan jenis surat berharga yang sering digunakan dalam transaksi keuangan. Meski demikian, cek dan bilyet giro memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Dengan demikian, Anda harus mengetahui perbedaan cek dan bilyet giro agar terhindar dari kesalahan penggunaannya. Untuk mengetahui perbedaannya, Anda dapat menanyakannya pada bagian customer service suatu bank tertentu atau mencari informasinya via internet.

perbedaan cek dan bilyet giro wikipedia,ciri-ciri uang palsu,perbedaan deposito dan tabungan,pengertian kliring,pengertian cek dan bilyet giro,perbedaan cek dan bilyet giro (bg),

Baca juga: Perbedaan dan Persamaan Usulan Rumusan Dasar Negara yang Perlu Kita Ketahui

Berbicara tentang perbedaan cek dan bilyet giro, informasi tentang perbedaan keduanya sangat penting untuk Anda ketahui. Apalagi jika Anda seorang pengusaha, informasi ini menjadi hal mutlak yang harus Anda ketahui. 

Anda Dapat Membedakan Perbedaan Antara Cek dan Bilyet Giro Berdasarkan Beberapa Hal

1. Perbedaan cek dan bilyet giro dilihat dari pembayarannya

Pertama, kita dapat melihat perbedaan antara cek dan bilyet giro dari pembayarannya. Dilihat dari cara yang digunakan saat pembayarannya, cek dapat dilakukan atas dasar endorsement atau unjuk bank tertentu. Hal ini berbeda dengan bilyet giro. Pembayaran bilyet giro mensyaratkan untuk dilakukan oleh pihak atau seseorang yang namanya tertulis di bilyet giro tersebut.

2. Perbedaan cek dan bilyet giro dilihat dari sifatnya

Selanjutnya, perbedaan cek dan bilyet giro juga dapat Anda lihat dari sifatnya. Jika dilihat dari sifatnya, cek memiliki ciri-ciri khusus. Ciri ciri cek tersebut adalah dapat segera ditunaikan atau diuangkan melalui bank yang telah ditunjuk. Namun, bilyet giro tidak bisa ditunaikan atau diuangkan.

3. Perbedaan cek dan bilyet giro dilihat dari tanggal penyerahannya

Anda juga dapat mengetahui perbedaan antara cek dan bilyet giro berdasarkan tanggal penyerahannya. Jika Anda memiliki sebuah cek yang masih belum terdapat tanggal penerbitan yang tercantum pada surat perintah yang bersangkutan, maka Anda masih belum bisa menguangkannya di bank. Namun, jika Anda menggunakan bilyet giro dan belum sampai pada tanggal efektifnya, maka Anda tetap dapat menyerahkannya secara langsung. Namun demikian, tanggal efektif dari surat berharga tersebut harus lebih awal jika dibandingkan dengan tanggal penerbitannya.

4. Perbedaan cek dan bilyet giro dilihat dari tanggal berlakunya

Untuk mengetahui perbedaan cek dan bilyet giro, Anda tentu juga harus tahu tentang tanggal berlakunya kedua jenis surat berharga tersebut. Untuk surat berharga jenis cek, Anda dapat memperpanjang masa berlakunya atau biasa disebut cek mundur. Hal ini tentu saja hanya dapat dilakukan jika telah ada kesepakatan antara kedua belah pihak. Jika kedua belah pihak telah mufakat untuk melakukan perpanjangan masa berlakunya surat berharga tersebut, maka cek mundur dapat dilakukan.

Hal ini berbeda dengan bilyet giro. Masa berlaku bilyet giro tidak dapat diperpanjang seperti yang dapat dilakukan pada cek. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Hal ini karena pada bilyet giro terdapat dua tanggal berlaku, yaitu tanggal efektif dan tanggal penerbitan.

5. Perbedaan cek dan bilyet giro dilihat dari bea materainya

Anda juga dapat melihat perbedaan cek dan bilyet giro melalui bea materainya. Jika Anda menggunakan surat berharga berupa cek, maka pihak yang menarik uang akan disyaratkan untuk membayar biaya materai. Namun, jika Anda menggunakan surat berharga berupa bilyet giro, maka pihak yang menarik tidak diharuskan untuk membayar biaya materai.

perbedaan cek dan bilyet giro wikipedia,ciri-ciri uang palsu,perbedaan deposito dan tabungan,pengertian kliring,pengertian cek dan bilyet giro,perbedaan cek dan bilyet giro (bg),

Perbedaan cek dan bilyet giro ini tidak akan menjadi kendala atau sesuatu yang membuat seseorang ragu untuk menggunakannya. Namun, perbedaan ini dapat menjadi pertimbangan untuk memilih jenis surat berharga yang lebih efektif untuk ia gunakan. Jika seseorang memilih cek, ia langsung dapat mencairkan uang di dalam cek tersebut ke bank. Namun jika ia menggunakan bilyet giro, ia tidak dapat langsung mencairkannya, melainkan harus mentransfernya terlebih dahulu ke rekeningnya.

Demikianlah informasi penting tentang perbedaan cek dan bilyet giro. Informasi ini dapat membantu Anda untuk menentukan jenis surat berharga yang paling pas untuk kondisi Anda saat ini. Dengan memahami pengertian bilyet giro dan cek pun mungkin Anda sudah dapat mengerti dan paham perbedaan kedua surat berharga tersebut.