Senin, 14 Agustus 2017

8 Perbedaan Kristen dan Katolik yang Paling Mendasar

Perbedaan Kristen dan Katolik yang Paling Mendasar - Perbedaan Kristen dan Katolik sangatlah mendasar seperti perbedaan syiah dan Sunni dalam Islam. Banyak orang yang memandang Kristen dan Katolik sama saja hanya berbeda gereja saja. Anggapan ini adalah salah besar karena banyak sekali perbedaan-perbedaan yang mendasar dalam agama Kristen dan Katolik. Agama Kristen dan Katolik memang mempunyai satu landasan yang sama, yaitu Trinitas atau tiga Tuhan yang menjadi satu. Umat Kristen baik Kristen Protestan atau Kristen Katolik percaya bahwa Tuhan hanyalah satu, tapi dibagi menjadi tiga bagian yaitu Bapa sebagai pencipta, Putra yaitu Yesus, dan roh kudus yang merupakan Tuhan yang ada di hati manusia.


perbedaan kristen dan katolik menurut islam,perbedaan kristen ortodoks dan katolik,perbedaan kristen katolik dan yahudi,perbedaan salib kristen dan katolik,perbedaan kristen dan katolik alkitab,

Baca juga: Wajib Tahu Perbedaan PT dan CV Sebelum Mendirikan Badan Usaha

Perbedaan Kristen dan Katolik mulai muncul setelah terjadi perpecahan dalam umat Kristen. Umat Kristiani pecah menjadi tiga kelompok yaitu Kristen ortodoks, Kristen Protestan atau Kristen, dan Kristen Katolik atau Katolik. Perpecahan ini dimulai sejak Paus Leo X menjual surat untuk mengakui dosa dengan harga yang mahal guna mengumpulkan dana untuk membangun gereja yang megah di Vatikan. Tindakan Paus Leo X ini ditentang oleh Pendeta Martin Luther yang kemudian memutuskan diri untuk memisahkan diri. Para pengikut pendeta Martin inilah yang disebut sebagai umat Kristen Protestan atau mereka lebih suka disebut dengan umat Kristen. Ada 8 perbedaan Kristen dan Katolik yang sangat menonjol, perbedaan ini sangat menonjol terutama dalam hal peribadatan dan denominasi gereja. 

Untuk Lebih Jelasnya, Berikut Ini Perbedaan Kristen dan Katolik

1. Deutro kanonika

Perbedaan Kristen dan Katolik yang pertama adalah deutro kanonika yang dianut. Kitab suci umat Katolik lebih tebal karena ditambah dengan 12 kitab baru yang disebut dengan deutro kanonika. Umat Kristen Protestan tidak mengakui kebenaran 12 kitab tersebut. Perbedaan Kristen dan Katolik Alkitab ini tentu saja sangatlah bertentangan.

2. Denominasi gereja

Perbedaan Kristen dan Katolik yang kedua yaitu denominasi gereja. Dalam Katolik orang biasa tidak boleh menafsirkan kitab suci, dimana yang boleh menafsirkan kitab suci adalah para ahli agama yang pusatnya di Roma atau yang disebut dengan Magisterium. Sedangkan pada Protestan siapa saja boleh menafsirkan kitab suci.

3. Para Saint atau para kudus

Yang dimaksud para kudus dan para saint di sini adalah nama yang digunakan untuk gereja. Perbedaan Kristen dan Katolik dalam kudus ini sangat menonjol, dimana dalam Kristen Protestan menggunakan nama-nama nabi sedangkan dalam Katolik menggunakan nama baptis atau orang-orang kudus.

4. Hierarki gereja

Hierarki gereja juga menjadi perbedaan Kristen dan Katolik yang paling mendasar. Katolik mengenal hierarki dalam gereja atau urutan pemuka agama sedangkan Protestan tidak.

5. Sakramen

Perbedaan Kristen dan Katolik juga terlihat dalam sakramen yang dilakukan. Umat Katolik memiliki 7 sakramen yang harus dilalui oleh setiap orang sedangkan dalam Kristen Protestan hanya dua saja. Sakramen sendiri merupakan upacara suci yang harus dilakukan setiap orang.

6. Peribadatan

Perbedaan salib Kristen dan Katolik terlihat sangat jelas dalam prosesi peribadatan. Salib Katolik diberi patung Yesus sedangkan Kristen tidak, hanya berbentuk salib saja. Selain itu, perbedaan Kristen dan Katolik dalam ibadah yaitu ibadah umat Kristen disebut dengan kebaktian sedangkan dalam Katolik disebut dengan misa.

7. Pengultusan Maria

Perbedaan Kristen dan Katolik yang lainnya yaitu dalam hal pengultusan Maria. Dalam Katolik pasti mengadakan upacara Rosario sebagai pengultusan Maria sedangkan dalam Kristen Protestan tidak. Kristen sangat menentang adanya pengultusan Maria ini.

8. Biarawan atau biarawati

Dalam Kristen Katolik seorang wanita tidak boleh menjadi pendeta, hanya boleh menjadi biarawati saja. Sedangkan dalam Kristen diperbolehkan seorang wanita menjadi pendeta ataupun biarawati. Setiap biarawati dalam Katolik haruslah menggunakan kerudung.

perbedaan kristen dan katolik menurut islam,perbedaan kristen ortodoks dan katolik,perbedaan kristen katolik dan yahudi,perbedaan salib kristen dan katolik,perbedaan kristen dan katolik alkitab,

Perbedaan Kristen dan Katolik selain pada 8 hal pokok di atas juga ada pada perkawinan atau pernikahan yang dilakukan. Umat Kristen Katolik hanya memperbolehkan seseorang menikah satu kali seumur hidupnya dan tidak boleh menikah lagi kecuali jika pasangannya sudah meninggal. Dengan kata lain umat Katolik dilarang untuk bercerai. Sekalipun perceraian terpaksa dilakukan harus diurus sampai ke Vatikan. Berbeda dengan umat Kristen Protestan, walaupun sangat menentang perceraian tapi umat Kristen Protestan boleh melakukan perceraian.