Senin, 29 Februari 2016

Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina Dilihat Dari Warnanya

Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina Dilihat Dari Warnanya - Apa saja perbedaan cucak ijo jantan dan betina? Sebelum itu, cucak ijo di dalam bahasa Inggris di kenal dengan sebutan Greater Green leafbird. Burung cucak ijo termasuk ke dalam suku chloropseidae. Selain disebut dengan sebutan di atas, cucak ijo juga disebut dengan cica daun, murai daun dan burung daun. Memang ukuran burung cucak ijo cukup pajang, yakni sekitar 22 cm apabila diukur dari ujung ekor hingga murai paruhnya. Karena bentuknya yang kecil sehingga pemilik burung ini terkadang kebingungan melakukan pendeteksian perbedaan cucak ijo jantan dan betina.

cara membedakan cucak ijo jantan dan betina yang masih muda,perbedaan cucak ijo jantan dan betina anakan,perbedaan suara cucak ijo jantan dan betina,perbedaan cucak ijo jantan dan betina dewasa,

Baca juga: Perbedaan CV dan PT Dalam Pendirian Badan Usaha


Padahal burung ini menyebar di daerah Jawa, Sumatera, Bali, Semenanjung Malaya serta di Kalimantan, khususnya di Pulau Natuna. Sebenarnya perbedaan cucak ijo jantan dan betina mudah sekali ditemukan hanya melihat dari karakter fisiknya, akan tetapi terkadang karena burung cucak ijo yang betina dan jantan sama-sama kecil sehingga sulit membedakannya. Biasanya burung cucak ijo mendiami sebuah perbukitan yang terletak di hutan pada dataran yang rendah dan ketinggiannya tidak lebih dari 1000 m dari atas permukaan laut. Lalu, bagaimana perbedaan cucak ijo jantan dan betina? Berikut penjelasannya.

Perlu Anda tahu, biasanya burung cucak ijo sudah terbiasa hidup di alam bebas dengan mencari makan serangga kecil dan aneka buah. Bagi pemula mungkin sedikit kesusahan melakukan mengidentifikasi perbedaan cucak ijo jantan dan betina. Hanya dari warna saja, Anda pun bisa dapat mengetahuinya.

cara membedakan cucak ijo jantan dan betina yang masih muda,perbedaan cucak ijo jantan dan betina anakan,perbedaan suara cucak ijo jantan dan betina,perbedaan cucak ijo jantan dan betina dewasa,

Berikut Spesifikasi Perbedaannya

1. Warna alis burung cucak ijo jantan dan betina

Burung cucak ijo trotol yang berjenis kelamin jantan dan umurnya masih di bawah 4 bulan, mempunyai warna alis kuning melingkar pada kedua matanya. Jika dilihat dengan seksama maka burung cucak ijo jantan seperti memakai kacamata yang berwarna kuning. Sedangkan perbedaan cucak ijo jantan dan betina lainnya, pada cucak ijo betina mempunyai warna alis yang berwarna putih cerah.

2. Perbedaan cucak ijo jantan dan betina pada warna paruh

Warna paruh pada bagian bawang burung cucak ijo jantan mempunyai warna paruh seperti cokelat tua dan warna ini sangat jelas terlihat. Sedangkan pada jenis kelamin burung cucak ijo betina mempunyai warna putih di bagian paruhnya. Perbedaan cucak ijo jantan dan betina dilihat dari warna paruhnya sudah jelas menandakan jenis kelamin dari masing-masing burung tersebut.

3. Perbedaan cucak ijo jantan dan betina pada bagian leher

Pada burung cucak ijo betina yang umurnya masih sekitar 4 hingga 6 bulan, pada bagian lehernya terdapat warna kuning. Warna tersebut lama kelamaan bisa berubah warna menjadi warna putih dengan di balut kehijau-hijauan. Sedangkan pada jenis kelamin cucak ijo jantan, warna kuningnya dipenuhi trotol dengan warna hitam. Perbedaan cucak ijo jantan dan betina selanjutnya yaitu ketika memasuki 2 bulan selanjutnya, warna hitam pada burung sangat jelas di bagian leher. Semakin burung tersebut bertambah usia maka warna akan menutupi leher.

Mudah bukan mengidentifikasi perbedaan cucak ijo jantan dan betina hanya dengan melihat warnanya saja? Memang burung cucak ijo jantan dan sudah dewasa mempunyai ciri yang menonjol dibandingkan dengan cucak ijo betina, terlebih lagi pada bagian dagu serta tenggorokannya seperti terdapat bulu halus dengan warna hitam. Sedangkan pada cucak ijo dewasa hanya ada warna bulu berwarna hijau. Oleh sebab itu, mudah sekali mengidentifikasi perbedaan cucak ijo jantan dan betina dewasa asalkan sudah tahu triknya. Jika Anda ingin membeli burung cucak ijo jantan atau betina, silahkan gunakan metode di atas untuk membedakan burung cucak ijo yang jantan atau betina. 

Tidak perlu memegangnya cukup dengan mengidentifikasi dari sifat dan warna dari burung tersebut. Itulah perbedaan cucak ijo jantan dan betina hanya dari melihat warna pada bagian tubuh burung cucak ijo. Bagi pemula mungkin akan merasa kesulitan, Anda bisa mencari sumber informasi lainnya dengan membaca artikel tentang burung cucak ijo atau bertanya langsung dengan pakarnya atau ahli dalam bidang peternakan burung cucak hijau betina dan jantan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.