Senin, 29 Februari 2016

Perbedaan Bangsa dan Negara

Perbedaan Bangsa dan Negara - Negara yaitu satu lokasi di permukaan bumi yang kekuasaannya baik politik militer, ekonomi, sosialmaupun budayanya ditata oleh pemerintahan yang ada di lokasi itu. Negara tidak sama dengan bangsa. Bila negara ditandai ada pemerintahan, ada presiden dan rakyat. Ada ketentuan dan undang-undang. Sedang bangsa tak membutuhkan itu, lantaran bangsa adalah beberapa kumpulan besar manusia yang mempunyai persamaan dalam jati diri, mempunyai persamaan dalam ras, budaya dan histori. Umpamanya negara dan bangsa Indonesia.

apakah makna dari bangsa apa bedanya dengan negara, perbedaan bangsa dan negara beserta contohnya, perbedaan bangsa dan negara dilihat dari pendidikan kewarganegaraan,

Baca juga: Ada 6 Perbedaan Cerpen dan Novel Secara Spesifik


Perbedaan Bangsa dan Negara

  • Bangsa adalah sekumpulan manusia yang tinggal/menempati satu lokasi yang dimaksud negara, dan satu bangsa mengaku kekuasaan/pemerintahan dari negara yang dihuninya. Jadi bangsa yaitu penghuni satu negara, sedang negara yaitu tempat tempat tinggal untuk bangsa.
  • Bangsa adalah sekumpulan manusia yang mempunyai keterikatan ras jugabahasa, kebiasaan, agama, dan lain-lain, sedang negara dapat terbagi dalam kelompok-kelompok yang menyatu.
  • Bangsa terikat oleh satu keterikatan ras ,bahasa, kebiasaan , agama, dan lain-lain, sedang negara tak.
  • Bangsa belum pasti mempunyai negara, sedang negara pastinya mempunyai bangsa.
  • Bangsa adalah beberapa kumpulan orang-orang, sedang negara adalah organisasi besar
  • Tak tutup peluang satu negara di isi oleh sebagian bangsa (Misalnya saja Indonesia yang terbagi dalam banyak bangsa).

apakah makna dari bangsa apa bedanya dengan negara, perbedaan bangsa dan negara beserta contohnya, perbedaan bangsa dan negara dilihat dari pendidikan kewarganegaraan,

Yang disebut bangsa Indonesia yaitu tiap-tiap orang yang beradadalam satu lokasi Indonesia yang memiliki ras dan histori yang sama. Pernah alami penjajahan yang sama dan mempunyai maksud yang sama. Dan yang dimaksud negara Indonesia yaitu yang mengatur jalannyakehidupan bangsa Indonesia. Pada bangsa dan negara tak dapat dipisahkan keduanya, semua sama-sama terkait. Prasyarat berdirinya satu negara ada empat, yakni mempunyai lokasi, mempunyai masyarakat, mempunyai pemerintahan dan ada pernyataan dari negara lain.

Tengah batas-batasnyaditentukan dengan kesepakatan antarnegara tetangga, baik yang diselenggarakan sebelumnya ataupun setelah merdeka. Derah yangmerupakan rumah rakyat dan tempat pemerintah lakukan aktivitas adalah lokasi negara dengan batas-batas spesifik. Batas-batas lokasi yang dihuni rakyat Indonesia sebagai di bawah ini : Lokasi DaratanNegara satu dengan yang lain kerap berlangsung perang karena permasalahan batas lokasi.

Untuk mengambil keputusan wilayahbatas daratan biasanya ditetapkan berdasar pada kesepakatan antarnegara tetangga. Perbatasan pada 2 negara bisa berbentuk : 1. Perbatasan alam, seperti sungai, danau, pegunungan atau lembah. 2. Perbatasan buatan, seperti pagar tembok, pagar kawat berduri, tiang-tiang tembok. 3. Perbatasan menurut pengetahuan tentu, yaitu dengan memakai garis lintang atau bujur pada peta bumi. Masuk lokasi negara bangsa lain tanpa ada ijin negara yang berkaitan adalah pelanggaran lokasi.

Perbedaan Dari Intinya

Inti Bangsa

Bangsa yaitu beberapa orang yang mempunyai persamaan asal keturunan, kebiasaan bhs dan histori dan berpemerintahan sendiri. Bangsa yaitu himpunan manusia yang umumnya terikat lantaran kesatuan bhs dan lokasi spesifik di muka buni (Kamus Besar Bhs Indonesia, Depdikbud, H-89). Bangsa yaitu keinsyafan sebagai satu persekutuan yang tersusun jadi satu, keinsyafan yang terbit lantaran yakin atas kesamaan nasib dan maksud keinsyafan yang makin bertambah besarkarena sama seperuntunga, malang yang sama terkena, mujur yang sama didapat. Lantaran layanan berbarengan dan kesengsaraan berbarengan, akibat persamaan histori yang dalam hati dan otak. Bangsa bukanlah lantaran satu type keturunan, suku, marga, agama, daerah asal, bhs atau teradisi (Bung Hatta). Dengan hal tersebut, Bangsa Indonesia yaitu sekumpulan manusia yang memiliki kebutuhan yang sama dan menyebutkan dianya sebagai satu

bangsa dan berproses didalam satu lokasi, Nusantara Indonesia. Selanjutnya disebutkan kalau sesungguhnya Rencana bangsa mempunyai 2 pengertian yakni bangsa dalam artian sosiologis antropologis & pengertian politis (Badri Yatim, 1999) Bangsa dalam artian sosiologis antropologis yaitu persekutuan hidup orang-orang yang berdiri dengan sendiri yang semasing anggota persekutuan hidup itu terasa satu kesatuan ras, bhs, agama dan kebiasaan istiadat (AT Soegito : Cultural Unity) Bangsa dalam makna politis yaitu satu orang-orang dalam satu daerah yang sama dan mereka tunduk pada keadulatan negaranya sebagai kekuasaan tertimggi ke luar dan kedalam. Jadi mereka diikat oleh kekuasaan politik yakni negara (Political Unity).

Inti Negara

Rencana negara mempunyai 2 pengertian yakni :
  • Negara yaitu organisasi di satu lokasi yang memiliki kekuasaan paling tinggi yang sah dan ditaati rakyatnya.
  • Negara yaitu grup sosial yang menempati lokasi atau daerah spesifik yang diorganisasi dibawah instansi politik dan pemerintah yang efisien, memiliki satu kesatuan politik dan berdaulat hingga memiliki hak memastikan maksud nasionalnya.

Itulah beberapa paktor yang membedakan antara bangsa dan negara.