Tuesday, April 5, 2016

Perbedaan LCD dan LED Pada TV

Perbedaan LCD dan LED Pada TV - Sedang bingung mau pilih TV LCD atau TV LED? Untuk memberikan pencerahan pada Anda dalam memilih TV, ini dia perbedaan LCD dan LED pada TV. Mungkin bagi orang awam banyak yang tidak mengerti apa bedanya TV LCD dan LED. Sekilas memang kedua jenis TV ini hampir sama. Maka dari itu, untuk membedakan kedua jenis TV ini Anda harus melihatnya secara detail. Beberapa penjelasan mengenai perbedaan LCD dan LED pada TV dalam tulisan ini.


perbedaan monitor lcd dan led,perbedaan lcd dan led fisika,perbedaan lcd dan led laptop,perbedaan tv lcd dan led,perbedaan lcd dan led secara teknis,perbedaan lcd dan led tv samsung,
Baca juga: 6 Perbedaan Negara Demokrasi dan Negara Otoriter, Wajib Baca Nomor 5

Perbedaan LCD dan LED Pada Teknologi dan Pencahayaan Yang Digunakan

Perbedaan TV LCD dan LED bisa dilihat dari teknologi yang digunakan. TV LCD merupakan TV berlayar datar yang menggunakan teknologi Liquid Crystal Display dengan dua lapisan kaca yang saling menempel. Teknologi TV LCD menggunakan kristal cair diantara kaca yang menempel ini adalah untuk memblokir cahaya. Cara kerja kristal ini adalah dengan cara dialiri tenaga listrik. Jika tidak ada tenaga listrik yang mengalir maka TV LCD tidak akan bisa menyala atau menghasilkan cahaya sendiri. Perbedaan LCD dan LED dalam hal teknologi tidak terlalu berbeda karena TV LED juga menggunakan teknologi Liquid Crystal Display. 

Perbedaan LCD dan LED pada TV juga terlihat dari teknologi pencahayaan yang digunakan. Pencahayaan yang digunakan dalam TV LCD menggunakan lampu neon yang terletak di belakang layar. Sedangkan pada TV dengan layar LED menggunakan dua jenis pencahayaan, yaitu pencahayaan Full Array dan pencahayaan Edge. Pencahayaan Full Array ini menggunakan teknologi berbasis dioda belakang layar yang memenuhi semua permukaan layar. Sedangkan pencahayaan Edge menggunakan teknologi berbasis dioda yang hanya di pinggir layar. Perbedaan LCD dan LED ini memang cukup sulit dibedakan jika dilihat dari luarnya.

Perbedaan LCD dan LED Dalam Daya Yang Digunakan

Perbedaan LCD dan LED pada TV juga bisa dilihat dari daya yang digunakan. Konsumsi daya yang digunakan antara TV LCD dan LED jelas jauh berbeda. Daya yang digunakan dalam TV LED lebih rendah dibandingkan dengan daya yang digunakan oleh TV LCD. Jika dibandingkan konsumsi daya yang digunakan TV dengan layar LED lebih hemat sampai 70%. Hal ini dikarenakan teknologi yang digunakan dalam TV LED lebih mendukung untuk mengonsumsi daya lebih sedikit. Selain itu, teknologi pencahayaan yang digunakan juga sangat berpengaruh terhadap konsumsi daya. Jika Anda ingin lebih hemat, sangat disarankan untuk menggunakan TV LED.

Perbedaan LCD dan LED Pada Ukurannya

Perbedaan LCD dan LED pada TV akan sangat tampak jelas pada ukurannya. Walaupun TV LCD dan LED sama-sama mempunyai ukuran yang tipis, tapi tingkat ketipisan dari kedua TV ini cukup berbeda jauh. TV dengan teknologi LED lebih tipis dibandingkan dengan TV yang menggunakan teknologi LCD. Tingkat ketebalan dari kedua TV ini dikarenakan teknologi pencahayaan dan teknologi secara umum yang digunakan oleh kedua TV ini. Ukuran ketebalan dari kedua TV ini akan tampak jelas jika Anda bisa membandingkan secara langsung TV LED dengan TV LCD.

perbedaan monitor lcd dan led,perbedaan lcd dan led fisika,perbedaan lcd dan led laptop,perbedaan tv lcd dan led,perbedaan lcd dan led secara teknis,perbedaan lcd dan led tv samsung,

Perbedaan monitor LCD dan LED dari ukurannya yang sangat tipis tidak akan terlihat terlalu jelas begitu diletakkan di rumah. TV dengan layar LCD dan LED sama-sama tidak memakan banyak tempat ketika diletakkan. Namun jika Anda sebelumnya menggunakan TV LED kemudian berpindah menggunakan TV dengan teknologi LCD maka perbedaan LCD dan LED dilihat dari ukurannya akan tampak jelas. Awalnya Anda sudah terbiasa dengan layar yang sangat tipis kemudian ganti dengan layar yang agak tebal. Ukuran diagonal untuk TV LED dan LCD secara keseluruhan sama yang membedakan hanya pada ukuran ketebalannya.

Perbedaan LCD dan LED juga ada pada harganya. Harga LED TV lebih mahal dibandingkan dengan TV yang menggunakan teknologi LCD. Untuk Anda yang berniat membeli TV baru pertimbangan untuk antara TV dengan teknologi LCD dan LED harus menjadi pertimbangan. Anda yang menginginkan kualitas gambar TV yang bagus sangat disarankan untuk memilih TV dengan layar LED, terlebih jika rumah Anda termasuk rumah minimalis maka TV LED sangat cocok untuk menghiasi rumah Anda.