Wednesday, April 27, 2016

Perbedaan DSLR dan SLR Kamera

Perbedaan DSLR dan SLR Kamera - Perbedaan DSLR dan SLR di dalam dunia kamera memang sedikit berbeda satu sama lain. Mungkin jika Anda baru saja mengenal dunia kamera akan cukup sulit membedakannya. Namun antara kamera DSLR dan SLR sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup terlihat secara nyata dari bentuk fisik kameranya. Terlebih lagi penggunaan lensa juga akan menambah perbedaan dasar dari dua tipe kamera ini.

perbedaan slr dan dslr nikon, perbedaan dslr dan slr pada kamera, perbedaan dslr dan slr camera,

Baca juga: Perbedaan Hukum Pidana dan Hukum Perdata Ditinjau Dari Proses Hukum

Memang penggunaan kamera SLR dan juga kamera DSLR sangat biasa terdengar. Bahkan dengan perubahan jaman sekarang ini yang hal sekecil apapun sangatlah mudah untuk dilakukan pemfotoan. Perbedaan DSLR dan SLR mungkin secara umum hanya berkisar antara harganya yang memiliki perbedaan yang cukup jauh. Belum lagi spesifikasinya yang digunakan juga memiliki perbedaan satu sama lainnya. 

Pengertian Kamera DSLR Dan SLR

Namun, sebelum mengetahui tentang perbedaan DSLR dan SLR lebih baik mengenal terlebih dahulu tentang pengertian dua tipe kamera ini. Kamera SLR sendiri merupakan jenis kamera yang menggunakan jalur tunggal untuk menyambungkan cahaya kedua tempat yang disebut sebagai foacal plane dan juga view binder. Hasil akhirnya adalah dapat menangkap objek gambar yang sama persis dengan aslinya.

Harga kamera DLSR juga memiliki harga yang berbeda dengan harga kamera SLR. Perbedaan DSLR dan SLR dalam segi harga ini juga tentunya membuat banyak orang yang masih pemula dalam penggunaan kamera masih bingung membedakannya. Kamera SLR juga dapat menggunakan sistem penta prisma yang ditempatkan di jalur optik dalam melewati lempengan film.

Sebenarnya perbedaan DSLR dan SLR tidak hanya sekadar harga jualnya. Tetapi juga dapat dilihat dari sistem kerjanya. Di mana dalam penggunaan kamera SLR, sistem kerjanya adalah dengan cara memasukkan cahaya lalu dipantulkan pada cermin dan mengenai pentaprisma. Ketika sudah mengenai pentaprisma inilah kemudian akan membuat cahaya beberapa kali mengenai jendela bidik.

Perbedaan Pada Sistem Dan Cara Kerja Kamera

Ketika Anda melepaskan tombol shutter, kaca akan secara otomatis membuka jalan cahaya sehingga membuat cahaya akan secara langsung mengenai film. Perbedaan DSLR dan SLR ini juga terletak pada media yang digunakan dimana penyimpanan menggunakan sistem analog sehingga tidak memerlukan prosesor dan juga kompresi data. Ketika menggunakan kamera tipe SLR ini akan dapat dilihat secara langsung hasilnya. 

Harga kamera DSLR yang umum memang berkisar antara harga 3 jutaan hingga puluhan juta di mana tergantung kualitas yang diberikan oleh masing-masing kamera. Perbedaan DSLR dan SLR tidak hanya sebatas pada harga dan juga sistem kerjanya. Seperti yang sudah Anda ketahui jika menggunakan kamera DSLR ini memang cukup praktis dalam penggunaannya karena sudah menggunakan sistem penggunaan memory card sehingga lebih mudah digunakan.

Selain dari sistem penggunaannya, kamera DSLR ini juga memiliki spesifikasi yang cukup menantang untuk sebagian orang. Sistemnya yang juga praktis memang membuat banyak sekali masyarakat yang menggunakannya. Perbedaan DSLR dan SLR ini tentulah membuat banyak orang lebih banyak menggunakan kamera bertipe DSLR yang mudah digunakan daripada kamera SLR yang memang disesuaikan dengan kemampuan fotografi orang.

perbedaan slr dan dslr nikon, perbedaan dslr dan slr pada kamera, perbedaan dslr dan slr camera,

Sistem kerja kamera DSLR terletak pada penggunaan digital singlet lens refleks yang menggunakan sistem cermin dan juga pentaprisma yang dapat mengarahkan pencahayaan secara langsung menuju ke optik viewfinder yang ada di dalam kamera. Perbedaan DSLR dan SLR yang terletak pada sistem kerjanya inilah yang membuat banyak sekali masyarakat yang menggunakannya.

Penggunaan kamera DSLR atau SLR memang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda yang ingin menggunakannya. Namun, disarankan jika Anda masih pemula dalam mengetahui tentang kamera sebaiknya menggunakan kamera DSLR yang lebih mudah digunakan dan juga memiliki teknologi digital. Perbedaan DSLR dan SLR inilah yang sebaiknya Anda ketahui sebelum memutuskan ingin menggunakan kamera tipe apa. 

Perbedaan DSLR dan SLR juga terletak pada penggunaan tombol yang digunakan. Dalam penggunaan kamera DSLR ini memang memiliki banyak sekali tombol yang diperlukan dalam penggunaannya. Berbeda dengan penggunaan kamera SLR yang cenderung memiliki sedikit tombol. Namun dalam segi kepraktisan memang cukup memudahkan menggunakan kamera DSLR ketika menggunakannya. Yang cukup merepotkan dalam penggunaan kamera DSLR adalah proses cetaknya membutuhkan waktu yang panjang.

Perbedaan DSLR dan SLR inilah yang akhirnya membuat banyak orang merasa kebingungan dalam memilih kamera apa yang akan digunakan. Karena keduanya memiliki keunggulan masing-masing dan juga memiliki kekurangan masing-masing. Namun dalam segi kepraktisan yang memang dicari memang membuat banyak orang memilih menggunakan kamera DSLR daripada menggunakan kamera SLR.