Tuesday, March 8, 2016

Mengidentifikasi Perbedaan Etika dan Etiket

Mengidentifikasi Perbedaan Etika dan Etiket - Apakah ada perbedaan etika dan etiket? Memang etika dan etiket merupakan hal yang berkaitan dengan perilaku manusia. Akan tetapi keduanya mempunyai perbedaan yang mendalam dan jelas. Dari segi istilah atau kata tersebut berasal saja sudah berbeda. Yakni asal kata etika berasal dari bahasa Yunani yakni ethos dan bermakna watak dari kebiasaan. Sedangkan etiket asal bahasanya dari Perancis yaitu etiquette yang artinya sopan santun. Dari kedua asal bahasa tersebut sudah dapat diketahui perbedaan etika dan etiket. Namun sebelum mengetahui lebih jauh mengenai kedua hal tersebut, sebaiknya simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Tentang Perbedaan Iklim Dan Cuaca

Memang bagi orang yang belum tahu akan menyamakan etika dan etiket. Perbedaan etika dan etiket dapat dilihat dari pengertian kedua kata tersebut. Jika Anda sudah membacanya maka Anda dapat menyimpulkan sendiri perbedaan keduanya. Pengertian etika yang diambil dari kamus besar bahasa Indonesia mempunyai arti sebagai ilmu yang mengkaji hal yang baik serta buruk mengenai moral dan hak serta kewajiban manusia. Selain itu perbedaan etika dan etiket, etika diartikan dengan kumpulan nilai, ruang lingkupnya mengenai akhlak serta baik buruknya perbuatan sehingga diakui oleh masyarakat.

Sedangkan pengertian etiket adalah aturan sopan santun di dalam pergaulan atau bersosialisasi dengan manusia. Sehingga etiket dapat disimpulkan bahwa lebih menitikberatkan kepada cara berbicara yang sopan, memakai pakaian sesuai dengan norma kesopanan, cara menerima tamu di rumah di kantor dan lainnya. Dari kedua pengertian tersebut, sudah jelas perbedaan etika dan etiket. Dalam pergaulan hidup etiket adalah tata cara atau tata krama yang baik di dalam menggunakan bahasa serta perilaku. Yang membedakan etika dengan etiket yakni jika etiket adalah peraturan-peraturan kesopanan namun tidak tertulis dan harus diketahui oleh semua orang.

contoh etika dan etiket, pengertian etika, perbedaan etika dan etiket beserta contohnya, perbedaan etika dan etiket dan contohnya, perbedaan etika dan etiket pdf, persamaan etika dan etiket,

Perbedaan etika dan etiket memang belum diketahui secara umum oleh orang banyak, akan tetapi jika hanya mendengar atau membaca pengertiannya tidak memungkinkan Anda untuk mengetahui secara detail dari kata tersebut. Berikut ini contoh perilaku etika dan etiket yang harus diketahui, sehingga tidak akan salah lagi menyebutkan tindakan tersebut termasuk etika atau etiket. Contoh perilaku etika, selalu berlaku baik meskipun tidak ada saksi mata. Orang yang mempunyai etika tidak akan pernah munafik jadi dia akan selalu bertutur kata yang baik, misalnya jika mencuri akan berkata mencuri. Jelas sekali kan perbedaan etika dan etiket dilihat dari contoh perilakunya?

Jika tadi sudah membahas mengenai contoh perilaku etika, berikut ini beberapa contoh dari perilaku etiket. Dengan demikian Anda bisa menyimpulkan perbedaan etika dan etiket menurut bahasa kalian sendiri. Etiket sendiri hanya berlaku di dalam pergaulan, misalnya Anda bersendawa di saat makan, hal tersebut sebenarnya tidak sopan. Akan tetapi jika tidak ada orang yang melihat maka sah-sah saja. Selain itu di dalam etiket hal yang dianggap tidak mempunyai nilai kesopanan, namun bagi kebudayaan lain hal tersebut mengandung nilai kesopanan. Perbedaan etika dan etiket, contoh etiket yakni membersihkan sesuatu menggunakan tangan kanan.

Perbedaan etika dan etiket lainnya yaitu, jika pada etika mempunyai dua macam etika, sedangkan pada etiket mempunyai beberapa macam prinsip. Macam etika dibedakan menjadi 2 berdasarkan perilakunya, yaitu Etika deskriptif dan normatif. Etika deskriptif merupakan etika yang berusaha meneropong dengan kritis serta rasional sikap serta perilaku manusia. Sehingga membuat apa yang dikejar menjadi sesuatu yang bernilai. Di sinilah perbedaan etika dan etiket yang sulit membedakannya. Etika normatif yaitu etika yang selalu berusaha untuk menetapkan sikap serta perilaku yang ideal sehingga manusia merasa mempunyai sesuatu yang bernilai.

Sedangkan etiket mempunyai beberapa prinsip diantaranya rasa hormat, empati dan jujur. Rasa hormat memiliki sikap yaitu rasa menghargai, peduli serta bisa memahami orang lain. Jika Anda menghormati orang lain maka orang tersebut akan hormat juga kepada Anda. Rasa empati merupakan pondasi semua interaksi hubungan antar manusia karena mampu merasakan kondisi emosional orang lain. Sedangkan jujur merupakan kunci sukses di dalam menjalin hubungan yang baik. Demikian penjelasan mengenai perbedaan etika dan etiket semoga bermanfaat.