Tuesday, March 29, 2016

Mengenali Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Agar Hidup Lebih Sejahtera

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan - Sebagai seseorang yang mempunyai kehidupan tentunya kita mempunyai kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup kita. Namun sayangnya, sekarang ini banyak orang yang tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Perbedaan kebutuhan dan keinginan sebenarnya sangat berbeda jauh. Kebutuhan sendiri merupakan semua jasa atau barang yang harus dipenuhi untuk menunjang kehidupan dan jika tidak dipenuhi maka kesejahteraan hidup kita akan terganggu. Misalnya saja makan, dimana makan adalah kebutuhan karena tanpa makanan kita tidak bisa hidup. Tidak hanya makan saja, tapi masih banyak lagi contoh lainnya mengenai kebutuhan.

Baca juga: 8 Perbedaan Kristen dan Katolik yang Paling Mendasar

Lalu, apa perbedaan kebutuhan dan keinginan? Jika kebutuhan tidak dipenuhi maka kesejahteraan hidup kita akan terganggu. Berbeda dengan keinginan, keinginan adalah semua jenis jasa dan barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang kurang. Sudah sangat jelas bukan, perbedaan kebutuhan dan keinginan ini? Kebutuhan dan keinginan adalah hal yang terpisah dan tidak bisa disatukan. Namun sayangnya, sekarang ini banyak masyarakat yang konsumtif sehingga tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Mengenali perbedaan kebutuhan dan keinginan adalah hal yang wajib dilakukan agar Anda bisa mengatur keuangan Anda.

Agar Anda lebih memahami apa perbedaan kebutuhan dan keinginan, akan diberikan beberapa contoh mengenai kebutuhan dan keinginan. Misalnya saja pakaian, pakaian bisa menjadi kebutuhan dan bisa juga menjadi keinginan. Membeli pakaian memang sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi, coba saja jika Anda tidak mempunyai pakaian Anda tentunya akan kesulitan ketika akan melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, pakaian bisa digolongkan menjadi sebuah kebutuhan. Membeli pakaian bisa menjadi suatu keinginan jika Anda sudah mempunyai pakaian yang masih layak pakai tapi tetap ingin membeli baru yang lebih bagus. Sedangkan pakaian yang akan Anda beli ini bukan kebutuhan yang mendesak.

Perbedaan kebutuhan dan keinginan beserta contohnya akan diberikan lagi agar kita lebih paham tentang kebutuhan dan keinginan. Contoh lain dari kebutuhan adalah makanan, makanan adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia setiap harinya agar bisa bertahan hidup. Namun membeli makanan bisa menjadi keinginan jika kita sudah merasa kenyang tapi tetap saja ingin membeli makanan yang lainnya. Keinginan dan kebutuhan ini tentu saja harus dibedakan agar tidak mengganggu keuangan kita atau keluarga kita. Perbedaan kebutuhan dan keinginan harus dikenali dengan baik agar kita tidak berlaku konsumtif dan menghambur-hamburkan uang.

Mengenali perbedaan kebutuhan dan keinginan tidak hanya bisa dilihat dari segi pengertiannya saja. Agar kita lebih paham apa kebutuhan dan keinginan kita, maka diperlukan perencanaan keuangan dan pertimbangan yang lebih matang. Pertimbangan ini hanya bisa dilakukan oleh kita sendiri karena kitalah yang mengetahui apa saja kebutuhan kita. Untuk membedakan kebutuhan dan keinginan tidak bisa dilakukan perencanaan yang asal-asalan. Perbedaan kebutuhan dan keinginan seseorang tentunya berbeda-beda karena faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia juga berbeda-beda. Salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia adalah profesi atau pekerjaan seseorang. Seorang yang bekerja sebagai dokter tentu berbeda kebutuhannya dengan seseorang yang berprofesi sebagai guru.
perbedaan kebutuhan dan keinginan ekonomi,perbedaan kebutuhan dan keinginan dalam islam,perbedaan kebutuhan dan keinginan beserta contohnya,perbedaan kebutuhan dan keinginan dalam ekonomi,

Mengenali faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia bisa dijadikan sebagai pedoman kita dalam mengenali perbedaan kebutuhan dan keinginan kita. Kebutuhan dan keinginan haruslah dipisahkan karena tidak semua keinginan adalah baik dan menguntungkan untuk kita. Namun, ada juga keinginan yang mendesak yang memang harus dipenuhi. Jika keinginan sudah menjadi hal yang mendesak maka keinginan ini bisa menjadi sebuah kebutuhan bagi seseorang. Lagi-lagi untuk melihat perbedaan kebutuhan dan keinginan bagi seseorang memang harus menganalisis diri kita sendiri dan merenungkan apakah jasa atau barang yang akan dibeli termasuk kebutuhan atau keinginan.

Agar kita bisa mengetahui perbedaan kebutuhan dan keinginan diri kita sendiri, sebaiknya buatlah rencana keuangan setiap bulannya. Buatlah rencana anggaran biaya kita agar kita tahu mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang keinginan. Anggaran bulanan ini harus dibuat dengan cermat dan tepat. Letakkanlah kebutuhan dasar yang memang harus dipenuhi diurutkan paling atas kemudian disusul dengan kebutuhan lainnya. Dengan susunan anggaran biaya ini kita akan bisa mengetahui perbedaan kebutuhan dan keinginan kita. Selain itu, perbedaan kebutuhan dan keinginan dalam Islam bisa dibedakan dengan cara merenungkan terlebih dahulu sebelum kita membeli suatu barang atau jasa.