Selasa, 29 Maret 2016

7 Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina Dengan Akurat

Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina Dengan Akurat - Pleci termasuk salah satu burung kicauan dengan suara yang bagus dan cukup banyak peminatnya. Namun sayangnya, banyak pencinta burung pleci yang kurang paham mengenai cara membedakan pleci jantan dan betina. Jika dilihat secara sekilas, burung pleci jantan dan burung pleci betina tidak mempunyai perbedaan yang begitu mencolok. Bagi para pemula yang baru memulai memelihara burung pleci ini terkadang salah dalam memilih burung pleci untuk dilatih agar gacor. Pleci yang bisa berkicau gacor adalah pleci jantan bukan betina. Oleh sebab itu, sangat diperlukan untuk mengetahui bagaimana cara membedakan pleci jantan dan betina.

Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina dari suaranya,Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina anakan,Membedakan Pleci Jantan Dan Betina di ombyokan,Membedakan Pleci Jantan Dan Betina secara fisik,

Baca juga: Mengenali Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Agar Hidup Lebih Sejahtera

Cara memilih pleci ombyokan atau pleci yang mempunyai suara yang bagus dan gacor harus mengetahui jenis kelaminnya. Karena pleci yang bisa ombyokan hanya pleci jantan saja. Untuk Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara membedakan pleci jantan dan betina harus membaca artikel ini sampai selesai. Membedakan pleci jantan dan betina memang tidaklah mudah, bagi para profesional yang biasa memelihara burung pleci mungkin hanya dengan mendengarkan suaranya saja sudah bisa membedakannya. Namun bagi Anda yang masih pemula dan baru mengenal burung pleci akan sangat sulit untuk membedakan antara pleci jantan dan betina. Untuk Anda yang ingin membeli pleci untuk dilatih agar gacor.

Maka Mari Ikuti Langkah Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina

1. Dilihat dari ekornya

Cara membedakan pleci jantan dan betina bisa dilihat dari bentuk ekornya. Jika dilihat secara sekilas saja bentuk ekor pleci jantan dan betina memang hampir mirip tapi jika diperhatikan secara seksama akan terlihat perbedaannya. Pleci jantan mempunyai bentuk ekor yang lebih panjang dan bagian ujung dari ekor membentuk huruf V atau pada bagian ujung ekor pleci jantan berujung lancip. Sedangkan pada pleci betina ekornya pendek dan pada bagian ujungnya rata tidak ada runcingnya.

2. Dilihat dari duburnya

Cara membedakan pleci jantan dan betina yang kedua adalah dilihat dari bulu yang terdapat di dubur burung. Bulu yang ada di dubur pleci jantan dan betina sangat berbeda, dimana burung pleci jantan lebih banyak dan lebih panjang bulu duburnya dibandingkan dengan yang betina. Cara ini dirasa cukup akurat untuk membedakan pleci jantan dan betina.

3. Dilihat dari kepalanya

Melihat ukuran kepala pleci adalah salah satu cara membedakan pleci jantan dan betina yang paling mudah. Bentuk kepala pleci jantan dan betina memang berbeda. Burung pleci jantan cenderung mempunyai ukuran kepala yang lebih bulat dan besar dibandingkan dengan kepala burung pleci yang betina. Namun terkadang banyak orang yang terkecoh jika menggunakan perbedaan ukuran kepala burung pleci.

4. Dilihat dari paruhnya

Cara membedakan pleci jantan dan betina juga bisa dengan melihat panjang dari paruhnya. Paruh burung pleci jantan lebih pendek dibandingkan yang betina. Burung pleci jantan yang mempunyai suara bagus adalah yang mempunyai paruh pendek bukan yang panjang.

5. Dilihat dari warnanya

Membedakan burung pleci jantan dan betina juga bisa dilihat dari warna bulunya. Warna burung pleci jantan lebih cerah dan tajam, sedangkan yang betina warna bulunya lebih kusam. Namun cara membedakan pleci jantan dan betina dari bulunya ini terkadang bisa menipu, karena bulu pleci jantan juga bisa terlihat kusam jika mendekati masa mabung.

6. Dilihat dari bentuk tubuhnya

Cara membedakan pleci jantan dan betina juga bisa dilakukan dengan melihat bentuk badan atau bodi burung. Burung pleci jantan mempunyai badan yang lebih panjang dibandingkan dengan ukuran badan dari betinanya.

7. Dilihat dari klep matanya

Jika Anda cukup jeli, Anda bisa membedakan burung pleci dan betina dengan melihat klep matanya. Cara membedakan pleci jantan dan betina dari klep matanya yaitu untuk burung jantan mempunyai klep yang putus-putus dan bagian bawahnya lebih tebal. Sedangkan untuk yang betina klep matanya bulat dan tanpa putus.
Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina dari suaranya,Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina anakan,Membedakan Pleci Jantan Dan Betina di ombyokan,Membedakan Pleci Jantan Dan Betina secara fisik,

Sebenarnya membedakan burung pleci jantan dan betina juga bisa dengan cara mendengarkan suaranya. Suara pleci jantan yang terdengar lebih nyaring dan bagus dibandingkan dengan yang betina. Namun, cara ini adalah cara yang paling sulit untuk membedakan pleci jantan dan betina. Hanya orang yang sudah berpengalaman dan profesional saja yang bisa menggunakan cara membedakan pleci jantan dan betina dari suaranya.