Saturday, February 20, 2016

Perbedaan Nabi dan Rasul Allah SWT Ini Wajib Diketahui!

Perbedaan Nabi dan Rasul Allah SWT Ini Wajib Diketahui! - Perbedaan nabi dan rasul Allah SWT. Sebagai seorang Muslim tentu kita harus meyakini keberadaan nabi dan juga rasul walaupun kita belum pernah bertemu bersama nabi maupun rasul yang dimaksudkan. Nabi beserta rasul merupakan suri tauladan umat manusia paling baik dan tentunya sangat perlu dicontoh dalam kegiatan sehari-hari. Akan tetapi, pada umumnya masih banyak sekali Muslim yang belum mengetahui perbedaan antara nabi dan rasul Allah SWT tersebut.

perbedaan nabi dan rasul allah swt,perbedaan nabi dan rasul menurut kristen,perbedaan nabi dan rasul dalam kristen,perbedaan nabi dan rasul ulul azmi,masalah 40 perbedaan nabi dan rasul,

Baca juga: Inilah 4 Perbedaan iPhone 4 dan 4S

Memahami perbedaan nabi dan rasul ini tentunya wajib dipelajari supaya tak terjadi kesalahpahaman saat belajar mengenai nabi dan rasul itu sendiri. Banyak orang berpendapat di mana jumlah nabi dan juga rasul yaitu 25. Namun, berdasarkan hadis yang telah diriwayatkan Turmudzi di mana jumlah nabi ternyata terdapat 124.000 nabi, sedangkan rasul berjumlah 313. Hal ini tentu membuat perbedaan jumlah nabi dan rasul berdasarkan para ulama dan hadis yang telah diriwayatkan tersebut.

Namun pada dasarnya sebenarnya terdapat 25 nabi dan rasul yang wajib dipelajari. Sebelum kita beranjak pada beberapa cara membedakan nabi dan rasul, ada beberapa sifat nabi dan rasul yang wajib kita ketahui terlebih dulu. Di mana Rasul dan nabi mempunyai 4 sifat utama, yakni siddiq (benar), amanah (bisa dipercaya), fathanah (cerdas), dan tabligh (menyampaikan wahyu untuk para umatnya). Siddiq, di mana nabi dan rasul memiliki sifat di mana semua tindakan dan ucapannya benar.

perbedaan nabi dan rasul allah swt,perbedaan nabi dan rasul menurut kristen,perbedaan nabi dan rasul dalam kristen,perbedaan nabi dan rasul ulul azmi,masalah 40 perbedaan nabi dan rasul,

Amanah memiliki sifat di mana nabi dan rasul merupakan seorang laki-laki mudah dipercaya demi mengemban sebuah perintah. Arti dari Fathonah yaitu nabi dan rasul merupakan seseorang yang cerdas, pintar dan pandai dalam berbagai hal. Sifat terakhir yakni tabligh, yakni mampu menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada umatnya. Adapun perbedaan nabi dan rasul terdapat dari sifat, karakter dan tugas yang diembannya. Berikut ini beberapa perbedaan nabi dan rasul yang perlu kita ketahui untuk dipelajari para kaum muslimin yang belajar mengenai nabi dan rasul.

Beberapa Hal Membedakan Antara Rasul Dan Nabi

1. Penerimaan Wahyu

Seorang Nabi bertugas untuk menerima wahyu yang disampaikan oleh Allah SWT dan digunakan bagi dirinya sendiri. Sedangkan perbedaan nabi dan rasul dalam hal penerimaan wahyu ini, di mana Rasul telah menerima wahyu yang berasal dari Allah Ta’ala untuk disampaikan pada umatnya di dunia.

2. Syariat

Perbedaan nabi dan rasul dalam hal syariat sendiri adalah nabi bertugas untuk menguatkan atau melanjutkan syariat yang berasal dari rasul sebagai utusan sebelum nabi itu sendiri, sedangkan rasul sendiri diutus oleh Allah SWT untuk membawa syariat baru.

3. Pengutusan

Perbedaan nabi dan rasul selanjutnya adalah dari pengutusan. Dimana nabi diutus oleh Allah SWT untuk kaum yang telah beriman, sedangkan rasul diutus oleh Allah SWT untuk kaum yang kafir atau belum beriman sebelumnya.

4. Nabi dan Rasul Pertama

Perbedaan nabi dan rasul berikutnya adalah dari utusan nabi dan rasul pertama. Dimana nabi pertama yang diutus oleh Allah SWT yaitu Nabi Adam as, sedangkan rasul pertama yang diutus oleh Allah SWT yaitu Nuh AS.

perbedaan nabi dan rasul allah swt,perbedaan nabi dan rasul menurut kristen,perbedaan nabi dan rasul dalam kristen,perbedaan nabi dan rasul ulul azmi,masalah 40 perbedaan nabi dan rasul,

5. Jumlah

Seperti sudah dibahas sebelumnya, dimana perbedaan nabi dan rasul terdapat pada jumlahnya. Jumlah nabi tergolong lebih banyak hingga mencapai ratusan ribu, sedangkan jumlah rasul sendiri lebih sedikit daripada nabi.

6. Penerimaan Wahyu

Perbedaan nabi dan rasul berikutnya adalah dari penerimaan wahyu. Di mana nabi hanya memperoleh atau menerima wahyu lewat mimpi saja, sedangkan rasul bisa memperoleh wahyu baik lewat mimpi ataupun lewat malaikat. Kemudian ia bisa melihat dan berkomunikasi langsung bersama malaikat.

7. Percobaan Pembunuhan

Perbedaan nabi dan rasul berikutnya dari percobaan pembunuhan. Dimana ada seorang nabi yang telah dibunuh kaumnya sendiri, sedangkan seluruh rasul utusan Allah telah diselamatkan terhadap percobaan pembunuhan oleh kaumnya. 

Selain ulasan di atas, ada perbedaan di antara nabi dan rasul lainnya yakni setiap rasul bisa dikatakan nabi akan tetapi tak setiap nabi bisa dikatakan rasul. Hal ini juga diperkuat dengan pendapat dari para ulama. Di mana seorang nabi adalah manusia yang telah diberikan wahyu dari Allah SWT untuk dapat diamalkan namun tak diperintahkan untuk dapat menyebarkannya atau menyampaikannya. Semoga ulasan perbedaan nabi dan rasul ini bermanfaat untuk kita semua!